Yuk, Kenali Ragam Produk Olahan Moringa


Pertanianku — Selain mengetahui manfaat dan khasiat moringa, Anda juga perlu mengetahui ragam produk olahan moringa yang bisa menginspirasi. Jadi, selain mendapatkan manfaat baiknya, Anda juga bisa menikmati olahan moringa yang enak. Masyarakat Indonesia menyebut moringa itu kelor.

ragam produk olahan moringa
Foto: Google Image

Arini Soewarli, seorang praktisi makanan sehat di Jakarta Selatan membuat inovasi es krim yang berbahan dasar daun moringa. Sekilas, penampilan es krim produksi Arini itu mirip dengan es krim matcha atau bubuk teh hijau. “Eskrim kelor menjadi pilihan tepat bagi penikmat es krim yang ingin menyantap es krim lezat nan sehat,” katanya seperti dikutip Majalah Trubus.

Tak hanya es krim, olahan lainnya produksi Arini yang berbahan baku daun moringa juga tak kalah lezat, yakni pasta penne dan kue. Pasta yang berbalut saus bolognaise itu juga sehat karena bebas gluten. “Makanan nongluten aman bagi anak-anak, terutama anak berkebutuhan khusus,” ujar Arini.

Bahan yang digunakan Arini untuk mebuat pasta penne hanya terdiri atas bubuk daun moringa, tepung beras, tepung tapioka, telur, dan minyak kelapa murni. Pasta penne moringa itu menjadi hidangan spesial di restoran Food Cabin di Kemang, Jakarta Selatan. Untuk membuat sajian, Arini menggunakan bubuk moringa dari daun pilihan. Ia menuturkan, bubuk moringa mudah diolah menjadi beragam menu, termasuk mi.

Sementara itu, perkebunan moringa milik Ir. Ai Dudi Krisnadi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, merilis produk yang berbahan dasar moringa seperti teh celup, kue gulung, dan cokelat. Ia mengolah daun moringa dengan prosedur ketat untuk menjaga kandungan nutrisinya.

Teh celup olahan moringa juga menjadi andalan PT Niaga Globalindo Jaya. Teh yang tebuat dari 100% daun moringa itu hadir dalam kemasan eksklusif. Konsumen bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus dari produk yang terbuat dari daun pringa pilihan yang dipasok Pulau Lombok itu.

Baca Juga:  Cara Membedakan Kopi Arabica dan Robusta

“Endapan daun kelor bisa digunakan sebagai masker wajah,” kata Setyo Harsoyo, Chairman PT Niaga Globalindo Jaya. Ia pun menuturkan, ampas seduhan daun kelor berguna meredakan jerawat yang meradang, sekaligus menghapus flek hitam dengan pemakaian teratur.

Menurut Arini, konsep makanan sehat tapi lezat dari bahan baku moringa bisa memotivasi masyarakat untuk mengenal tanaman itu sebagai sumber pangan sehat yang patut diperhitungkan.

loading...
loading...