Yuk, Kenali Tanda-Tanda Seseorang Terkena Kanker Lidah


Pertanianku – Menjaga kesehatan merupakan hal penting dan wajib dilakukan. Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang prima sehingga tidak mudah terserang penyakit. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan serta mengonsumsi vitamin sebagai penunjang lainnya.

Salah satu organ tubuh yang wajib dijaga kesehatannya adalah mulut. Hal ini karena mulut menjadi bagian yang penting karena digunakan untuk mengunyah makanan. Di mulut sendiri kerap terjadi gangguan kesehatan yang cukup beragam.

Salah satu bahaya penyakit mulut yang banyak diperbincangkan adalah kanker lidah. Jarang mendengarnya? Belum banyak informasi mengenai penyakit ini memang. Namun, bila Anda sudah mengetahui sedikit penyakit ini, tentunya pencegahan pun bisa dilakukan.

Cancer Center menjelaskan bahwa kanker lidah adalah sejenis kanker mulut yang terbentuk di bagian depan dua per tiga lidah Anda. Lebih lanjut, kanker lidah biasanya berkembang di sel skuamosa atau sel tipis dan datar yang menutupi permukaan lidah. Sementara, bila masalah itu terjadi di punggung sepertiga lidah, Anda tidak lagi mengidap kanker lidah tetapi kanker kepala dan leher.

Meskipun sama seperti sariawan yang kadar risikonya kecil, kanker lidah pun menggangu kesehatan Anda. Paling mudah adalah merenggut sistem imun karena aktivitas oral seperti makan dan minum menjadi terhambat.

Lantas,  apa saja gejala penyakit yang terjadi jika seseorang terkena kanker lidah?

Gejala kanker lidah cukup mirip dengan gejala jenis kanker mulut lainnya. Banyak pakar yang menyebutkan, tanda awalnya bisa dilihat dari kondisi pilek yang tidak mudah hilang atau sakit terus-menerus di mulut. Kemudian, gejala dan tanda kanker lidah lainnya bisa meliputi:

  • Persisten lidah atau nyeri pada rahang
  • Munculnya benjolan atau penebalan di bagian dalam mulut
  • Muncul flek putih atau merah pada gusi, lidah, amandel, atau lapisan mulut
  • Sakit tenggorokan menahun atau merasa ada sesuatu yang tertangkap di tenggorokan yang tidak hilang
  • Kesulitan menelan atau mengunyah
  • Kesulitan menggerakkan rahang atau lidah
Baca Juga:  Ternyata Air Mineral Kemasan Juga Punya Masa Kedaluwarsa!

Meski begitu, tidak semua penderita kanker lidah memiliki gejala yang sama. Bisa saja gejalanya disebabkab oleh kondisi lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

loading...
loading...