Yuk, Ketahui 5 Tanda Utama Itik akan Bertelur


Pertanianku — Sebagai peternak itik, Anda wajib memahami tingkah laku dan kebiasaan itik-itik peliharaan Anda, termasuk tanda utama itik akan bertelur. Dengan begitu, Anda bisa segera memberikan penanganan yang tepat apabila ada salah satu itik yang bertindak aneh di luar kebiasaannya.

tanda utama itik akan bertelur
Foto: Dok. Pertanianku

Setiap itik yang hendak bertelur akan menunjukkan tanda-tanda tertentu yang sudah menjadi kebiasaannya. Dari tanda-tanda inilah, Anda bisa mengenali mana saja itik yang sebentar lagi akan bertelur. Nah, berikut ini tanda-tandanya!

  1. Itik merontokkan bulu kapas

Itik yang akan bertelur pasti merontokkan bulu kapas atau bulu halusnya. Selanjutnya, bulu di bagian sayapnya pun akan memecah yang menandakan masa bertelur akan terjadi tidak lama lagi.

Sejatinya, bulu-bulu halus yang rontok ini digunakan oleh itik untuk membuat alas bagi telur-telurnya agar tetap hangat. Namun, kerontokan bulu juga bisa diakibatkan karena itik mengalami stres akibat perubahan pakan atau kondisi lingkungan.

  1. Nafsu makan itik menurun

Sangat wajar apabila itik yang akan bertelur mengalami penurunan pada nafsu makannya, padahal kondisinya sehat. Misalnya, itik tersebut mampu menghabiskan pakan sebanyak 150—180 gram di hari biasa, tetapi tiba-tiba itik hanya sanggup memakan 120 gram pakan.

Secara tidak langsung, pengurangan konsumsi pakan ini berguna untuk mengurangi kadar lemak di dalam tubuh itik sehingga proses pelepasan telur nantinya bisa lancar.

  1. Terjadi perkawinan itik semu

Perkawinan itik secara semu terjadi apabila Anda hanya memelihara itik yang berjenis kelamin betina. Padahal, secara naluri itik juga membutuhkan proses perkawinan untuk memengaruhi alat reproduksinya.

Namun, karena tidak adanya itik jantan, terjadilah perkawinan semu antar-itik betina. Perilaku itik seperti ini bukanlah menyimpang. Itik-itik tersebut hanya membutuhkan perkawinan.

  1. Itik sering tiba-tiba gaduh
Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Probiotik untuk Ternak Ayam

Itik betina yang sudah matang kelamin biasanya akan mulai bersuara sendiri tanpa sebab yang jelas, terutama saat malam hari. Penyebabnya sendiri bukan berasal dari gangguan hewan liar, lampu yang padam, angin ribut, atau faktor lainnya. Tetapi karena sisi psikologis itik tersebut yang tidak stabil akibat peningkatan hormon estrogen dan progesteron tadi. Umumnya, jika ada salah satu itik yang mulai gaduh akan diikuti oleh itik-itik lainnya.

  1. Itik sering mengorek tanah sendiri

Meskipun sudah diternakkan di dalam kandang, itik tetap mempunyai naluri ilmiah untuk membuat sarang sendiri sebagai tempatnya meletakkan telur. Ketika itik sebentar lagi akan bertelur, biasanya dia akan mengorek-ngorek tanah atau alas kandang yang bertujuan membuat cekungan. Walaupun usahanya tersebut sia-sia, itik tadi tetap berupaya mengorek tanah di beberapa sudut kandang.