Yuk, Konsumsi Jagung untuk Camilan Sehat!


Pertanianku – Jagung merupakan salah satu komoditas utama di Indonesia. Selain untuk pakan ternak, jagung juga dikonsumsi oleh masyarakat. Bahkan, masyarakat di pedesaan menjadikan jagung sebagai makanan utama saat musim paceklik. Namun, hal ini berbanding terbalik bagi masyarakat yang hidup di daerah perkotaan.

Bagi masyarakat perkotaan jagung merupakan makanan selingan atau bisa dijadikan sebagai camilan ringan seperti campuran dalam salad ataupun sup. Namun, apakah jagung sebenarnya cukup sehat dijadikan sebagai camilan?

Sama seperti makanan lain yang kita konsumsi, mungkin ada rasa takut bila jagung juga bisa menimbulkan efek kesehatan yang berbahaya. Jadi, benarkah jagung tidak sehat?

Jagung sebenarnya adalah salah satu makanan yang sehat. Berikut manfaat sehat mengonsumsi jagung sebagai camilan sebagaimana melansir Boldsky:

Jagung bebas gluten

Banyak orang menderita intoleransi gluten bingung memilih kudapan yang sehat. Jagung bisa menjadi pengganti yang sangat baik untuk gandum dalam kasus intoleransi gluten.

Bersifat antikanker

Banyak penelitian menunjukkan, jagung mengandung fitonutrien yang memiliki kemampuan untuk melawan sel penyebab kanker dalam tubuh manusia. Jadi, sertakan jagung dalam diet harian Anda untuk mengurangi risiko kanker.

Menjaga kesehatan jantung

Anti-oksidan pada jagung benar-benar meningkat saat dimasak. Anti-oksidan sehat ini dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

Menjaga kesehatan mata

Jagung memiliki kemampuan untuk memperkuat saraf optik, karena mengandung lutein. Karena itu, ngemil jagung juga dapat memperbaiki penglihatan kita.

Menambah energi

Jagung kaya akan karbohidrat sehat yang tidak menambah berat badan bagi tubuh Anda. Namun, ngemil jagung justru akan membantu meningkatkan energi Anda.

Mengatasi sembelit

Karena jagung kaya akan kandungan serat, makanan ini membantu melunakkan tinja. Selain itu, kandungan serat jagung juga memperbaiki pergerakan usus untuk mencegah sembelit.

Baca Juga:  Segudang Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Baik untuk bakteri usus

Jagung memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi bakteri sehat di usus Anda. Hal ini pada akhirnya akan membantu pencernaan menjadi sehat.

loading...
loading...