Yuk, Lihat Ciri Ikan Segar Menurut KKP


Pertanianku – Mengonsumsi ikan merupakan salah satu keharusan bagi masyarakat. Pasalnya, sumber protein terbesar terkandung di dalam ikan. Selain itu, ikan mengandung lemak dan omega-3 terbaik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, untuk mendapatkan semua komponen dalam ikan, Anda harus memilih ikan yang segar dan berkualitas baik. Untuk itu, diperlukan kejelian dalam memilih ikan segar agar bisa mendapatkan kandungan protein yang sempurna.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan tips mudah memilih ikan segar. Berikut penjelasannya.

  • Untuk mendapatkan ikan segar, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi mata ikan harus terang, jernih, dan tidak kusam. Ikan yang memiliki mata kusam sebetulnya masih aman untuk dikonsumsi. Namun, ikan tersebut telah melewati saat terbaiknya untuk dikonsumsi.
  • Pastikan insang ikan masih berwarna merah berkilau, terang dan bersih, serta tidak ada indikasi bahwa warna insang telah memudar yang ditandai dengan warna kusam kecokelatan. Ikan yang masih segar juga ditandai dengan insang yang masih tertutup lendir berwarna jernih.
  • Untuk memastikan bahwa ikan masih segar dapat dilihat dari sisiknya yang masih berkilau, tidak memudar, terang, bersih, dan aroma yang ditimbulkan masih segar. Jika menggunakan indera penciuman, aroma ikan segar seperti air bersih/air asin bahkan seperti mentimun. Jika ikan sudah mengeluarkan bau amis karena kurang segar, aroma amis tersebut tidak akan hilang walaupun ikan sudah dimasak.

Bagaimana, ternyata cukup mudah bukan memilih ikan segar, berdasarkan tips yang diberikan oleh KKP.

Baca Juga:  Nelayan dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan
loading...
loading...