Yuk, Lihat Efek Samping Konsumsi Sayuran

0

Pertanianku – Mengonsumsi sayuran memang akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, kebutuhan serat dapat tercukupi jika Anda mengonsumsi sayuran secara rutin. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa sayuran yang memberi efek buruk bagi tubuh.

Lantas, sayuran apa saja yang dapat memberikan efek buruk bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut penjelasannya.

Bayam

Bayam seringkali dianggap sebagai sayuran tersehat karena kaya akan vitamin A dan K serta memiliki sifat antikanker. Sayangnya, bayam non-organik biasanya mengandung pestisida hingga hampir 50 persen. Jika ingin mendapatkan manfaat baik dari bayam, pilih bayam organik sebagai opsi.

Brokoli

Pada dasarnya brokoli tidak terlalu buruk bagi kesehatan. Hanya saja, konsumsi brokoli dapat menyebabkan kembung yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Paprika

Sayuran dalam kategori nightshade seperti paprika, kentang, dan terong diketahui sebagai sumber inflamasi. Inflamasi dapat mengarah pada komplikasi serius seperti penyakit jantung, kanker serta diabetes. Selain itu, paprika juga mengandung solanine yang dapat mengganggu fungsi saraf sehingga menyebabkan kedutan dan kejang.

Jagung

Jagung pada dasarnya merupakan salah satu sayuran yang populer untuk disantap dalam berbagai kesempatan. Sayangnya, jagung diketahui sebagai sayuran yang kerap dijadikan subjek modifikasi genetik. Akibat dari modifikasi genetik ini, tubuh tidak dapat mengenali protein yang berasal dari jagung modifikasi tersebut. Hasilnya, dalam beberapa kasus sensitivitas akan meningkat sehingga timbul alergi. Di samping itu, jagung biasanya disajikan dengan olesan mentega dan juga garam yang mana keduanya tidak baik untuk kesehatan.

Terung

Terung merupakan salah satu sayuran populer sebagai pengganti daging karena terung mudah untuk menyerap rasa. Sayangnya, kelebihan terung yang menyerupai spons ini tidak hanya menyerap rasa, tetapi juga menyerap lemak, kalori, serta sodium.

Kacang Polong

Seperti halnya kentang dan jagung, kacang polong merupakan sayuran glikemik dan berzat tepung. Sifat sayuran ini dapat meningkatkan berat badan, peningkatan kadar gula dalam darah dan kadar lapar tinggi.

loading...
loading...