Yuk, Lihat Kandungan Baik dan Buruk pada Keju untuk Kesehatan


Pertanianku – Bahan makanan yang satu ini bisa dikatakan telah mendunia sejak lama. Makanan ini dikenal sebagai pelengkap sajian berbagai macam masakan. Makanan tersebut adalah keju.

Foto: pexels

Namun, hingga kini keju masih menjadi bahan perdebatan terkait dampak kesehatan pada manusia. Sejumlah ahli kesehatan menilai, keju mengandung banyak lemak dan kolesterol sehingga dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Sementara itu, seorang ahli gizi menyebutkan kandungan kalsium di dalam keju cukup tinggi. Selain itu, keju juga dianggap bisa membantu mencerahkan kulit. Bahkan, ahli nutisi asal India, Rujuta Diwekar, dalam bukunya bertajuk Women And The Weight Loss Tamasha merekomendasikan, mengonsumsi keju sebagai setiap hari dalam jumlah sedikit.

Untuk itu, Rujuta menyebut, bukan ide yang bagus jika Anda menyantap keju dalam jumlah banyak setiap sehari. Namun, efek positif keju akan dapat dirasakan jika konsumsi dalam jumlah kecil secara rutin. Terlebih, untuk perkembangan anak-anak yang memerlukan asupan kalsium untuk pertumbuhannya.

Dilansir dari Times of India, dirilis sejumlah dampak buruk dan dampak baik keju bagi kesehatan, berdasarkan kandungannya. Yuk, simak penjelasannya.

Keju tinggi garam (buruk)

Level sodium di dalam keju cukup tinggi. Hasilnya kandungan garam dalam keju bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini tentu membawa dampak buruk buat kesehatan.

Keju mengandung lemak cukup tinggi (buruk)

Keju yang mengandung lemak tinggi, memiliki kadar lemak jenuh yang cukup tinggi. Hal ini bisa memicu gangguan jantung. Biasanya, di dalam kemasan-kemasan keju akan disertakan dengan keterangan kandungan lemaknya.

Keju memiliki kalori yang banyak (buruk)

Keju merupakan jenis makanan dengan kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Setiap 100 gram keju mengandung 330 hingga 450 kalori. Jumlah kalori ini pun tidak akan hilang begitu saja, meskipun Anda berolahraga.

Baca Juga:  Alergi Susu, Jangan Membuat Anda Menghindari Yoghurt ya, Ini Sebabnya!

Mencegah kerusakan gigi (baik)

Kandungan protein di dalam keju dinilai bisa membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Kaya akan kalsium (baik)

Keju merupakan salah satu sumber kalsium yang cukup bagus. Satu ons keju bisa memberikan seperempat kebutuhan kalsium di dalam tubuh dalam satu hari.

Kandungan protein yang tinggi (baik)

Keju memiliki banyak kandungan protein. Kandungan protein sangat penting untuk meningkatkan dan menguatkan massa otot. Selain itu, protein juga penting untuk meningkatkan kerja jantung.

loading...
loading...