Yuk, Lihat Kentang Terbesar di Dunia


Pertanianku – Seorang petani bernama Peter Glazebrook yang berasal dari Northampton Massachusetts, Amerika Serikat, dikejutkan dengan hasil panen kentang di kebunnya yang besarnya mencapai 3,8 kilogram.

Kentang raksasa itu dipamerkan di Sommerset, Inggris Barat. Karena besar kentang tak biasa, sehingga dikategorikan sebagai kentang terbesar di dunia yang tercatat di Guinness Book of Records.

Menurut Peter Glazebrook, yang telah 10 tahun lebih berkebun berbagai tanaman ukuran raksasa, dibutuhkan musim tanam yang panjang agar bisa mendapat kentang dengan ukuran jumbo melebihi ukuran kentang pada umumnya. Kentang itu akan tumbuh menjadi besar asal diberi pupuk yang sesuai untuk pertumbuhannya.

“Jangan berharap kentang akan bisa tumbuh menjadi sangat besar kalau unsur hara dan kebutuhan pupuknya tidak terpenuhi,” ungkapnya.

Proses pemupukan, disarankan memilih jenis pupuk rendah nitrogen, tetapi memiliki kandungan fosfor cukup tinggi. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan daun tidak terlalu banyak sehingga tidak mengurangi kemampuan pembesaran umbinya.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit. Dalam hal ini Peter Glazebrook memilih bibit jenis kentang kondor. Bibit bisa diperoleh dengan membeli dari petani yang memang memiliki kentang berukuran raksasa.

“Ini salah satu tahapan tersulit karena tidak mudah mendapatkan bibit yang berpotensi menjadi raksasa,” tambahnya.

Sebaiknya, bibit ditanam pada pertengahan April dan diletakkan dalam pot di rumah kaca. Pada akhir Mei, kentang bisa dikeluarkan tetapi tetap ditempatkan di ruang yang terlindungi.

Secara bertahap dilakukan pengurangan umbi agar hanya ada satu umbi kentang yang tumbuh besar.

Selain memang rekor untuk kentang terbesar di dunia, saat ini Peter Glazebrook memegang 10 rekor dunia lainnya, di antaranya tomat, bawang dan bit terbesar di dunia.

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik

“Saya hanya mencari kesenangan dan tantangan dari bertanam tanaman raksasa ini. Saya tidak mencari hadiah,” tuturnya.

loading...
loading...