Yuk, Lihat Manfaat Ampas Kelapa untuk Pakan Ternak dan Ikan

0

Pertanianku – Pakan merupakan salah satu hal penting dalam usaha peternakan. Salah satu pakan alternatif yang dapat diberikan untuk hewan ternak dan ikan, yakni ampas kelapa.

Ampas kelapa bisa diubah sebagai pakan ternak dan ikan. Hasil analisis ampas kelapa murni memiliki kadar protein kasar masih relatif tinggi, yaitu sebesar 11,35% dengan kadar lemak kasar 23,36%.

Ampas kelapa mengandung serat galaktomanan sebesar 61% yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Galaktomanan mampu menurunkan serum total kolesterol dan Low Density Lipoprotein (LDL) kolesterol 10—15%. Sementara itu, kadar High Density Lipoprotein (HDL) dan trigliserida tidak berubah.

Penggunaan ampas kelapa yang difermentasi sampai 12% ini sangat efisien jika dibandingkan dengan menggunakan ampas kelapa yang tidak difermentasi terlebih dahulu. Hal ini menunjukkan, ayam yang mengonsumsi 1 kg ransum dapat membentuk rata-rata 0,59 kg bobot, sedangkan menggunakan ampas kelapa hanya mampu membentuk bobot sekitar 0,45 kg.

Sebagai pakan ikan, ampas kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan ikan nila. Ampas kelapa yang akan diberikan pada ikan sebelumnya harus difermentasi terlebih dahulu. Hal ini karena konsentrasi penambahan ampas kelapa pada pakan yang optimal untuk pertumbuhan dan kadar protein ikan nila sebesar 25%. Namun, perlu adanya perbaikan komposisi nutrisi pada pakan agar pertumbuhan dan protein daging meningkat.

loading...
loading...