Yuk, Lihat Manfaat Buah Berdasarkan Warnanya!

0

Pertanianku – Tahukah Anda bahwa warna yang beragam pada buah ternyata menyimpan manfaat yang berbeda. Warna buah seperti merah, kuning, oranye, hijau, dan biru menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan.

Menurut pakar gizi, dr. Grace Judio Kahl, phytonutrient pada buahlah yang bertanggung jawab untuk memberi warna, aroma bahkan rasa pada buah dan sayuran. Phytonutrient pada setiap buah berwarna tertentu memiliki manfaat kesehatan yang berbeda-beda.

“Masing-masing warna mengandung zat gizi yang berbeda. Mengonsumsi phytonutrient bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti jantung koroner atau hipertensi,” kata dr. Grace.

Untuk mendapatkan manfaat lengkap dari phytonutrient ini, Grace menyarankan agar mengonsumsi buah-buahan berbagai warna dalam menu diet sehari-hari.

“Mengonsumsi buah berbagai warna setiap hari tentu menjadi tantangan masyarakat di sela-sela padatnya aktivitas mereka sehari-hari. Mengonsumsi phytonutrient dalam bentuk jus bisa jadi solusi yang praktis,” tuturnya.

Lalu, apa saja manfaat buah berdasarkan pada warnanya?

Merah

Untuk buah berwarna merah seperti tomat dan semangka mengandung pyhtonutrient lycopene yang menurut penelitian bisa mengurangi risiko kanker prostat, tekanan darah, pertumbuhan tumor, serta mendukung pertumbuhan jaringan sendi pada kasus tertentu.

Kuning

Adapun buah berwarna kuning seperti jeruk, pir, dan nanas mengandung phytonutrient beta-cryptothanxin yang dapat mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko katarak, dan mengurangi risiko degenerasi retina.

Hijau

Warna hijau pada kangkung dan bayam mengandung phytonutrient utama berupa chlorophyl dan lutein yang berfungsi mengurangi risiko pembesaran prostat, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi pertumbuhan tumor.

Biru atau ungu

Sementara itu, buah berwarna biru dan ungu seperti pada anggur dan blueberry mengandung resveratol sebagai anti-oksidan kuat yang mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan memori, dan memperlambat proses penuaan.

Oranye

Sementara buah berwarna oranye seperti wortel, labu, dan pepaya mengandung phytonutrient berupa beta-karoten yang berfungsi mengurangi degenerasi macula retina, mengurangi risiko penyakit prostat, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

loading...
loading...