Yuk Lihat Manfaat Buah Kedondong

Pertanianku – Kedondong adalah buah yang memiliki nama latin Spondias Dulcis Forst. Buah ini berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Kedondong banyak digunakan untuk rujak, acar, asinan, dan manisan. Daun yang masih muda pun dapat dijadikan  pakan ternak.

Yuk Lihat Manfaat Buah Kedondong

Dalam tiap 100 gram buah kedondong mengandung 60–85 gram air, 0,5–0,8 gram protein, 0,3–1,8 gram lemak, 8–10,5 gram sukrosa, 0,85–3,60 gram serat, 540 mg Calcium, 82 mg Fosfor, 6,2 mg Besi, 2900 IU Vitamin A dan 29 mg Vitamin C. Daging buahnya merupakan sumber vitamin C dan besi. Buah yang belum matang mengandung pektin sekitar 10%.

Buah ini memiliki unsur gula dalam bentuk sukrosa yang bermanfaat sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. Selain itu, kedondong juga dapat digunakan sebagai bahan obat alami. Berikut adalah manfaat dari buah kedondong.

  1. Mengobati Batuk

Kedondong  juga bisa dipakai untuk mengobati batuk. Caranya dengan memarut buah kedondong, kemudian peras airnya dan gunakan sebagai obat batuk.  Terbukti setelah mengonsumsi air sari kedondong, batuk akan hilang.

  1. Mengobati Diare

Batang buah kedondong dapat digunakan saat mengalami diare. Caranya, rebuslah kulit batang kedondong dan  kemudian minumlah air rebusannya. Tak ada salahnya kan Anda mencoba pengobatan alami dari buah kedondong ini.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Buah Mangga Muda Bebercak Hitam

loading...