Yuk, Lihat Manfaat Buah Markisa yang Jarang Diketahui!

0

Pertanianku – Buah markisa mempunyai ciri khas dengan rasanya yang kecut sedikit manis. Buah markisa sangat nikmat jika dikonsumsi saat cuaca panas. Dengan menambahkan es batu, rasanya menjadi sangat segar serta dapat menambah semangat tubuh. Buah markisa dengan bentuk buahnya yang bulat di dalamnya terdapat biji yang diselubungi oleh daging buahnya.

Berikut beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan:

Mengandung anti-oksidan

Markisa mengandung banyak anti-oksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Markisa kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berfungsi melindungi tubuh agar terhindar dari peradangan kronis, penyakit jantung, dan kanker. Selain itu, mengonsumsi markisa mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penuaan dini.

Sumber serat untuk tubuh

Buah markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi. Satu buah markisa mengandung serat larut sekitar 2 gram. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga saluran pencernaan seperti usus menjadi bersih dan terhindar dari sembelit. Selain itu, buah markisa juga bisa dijadikan obat pencahar ringan.

Mengurangi serangan asma

Buah markisa bisa meredakan serangan asma. Pasalnya, markisa mengandung vitamin C yang membantu dalam memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma. Penelitian terbaru telah menunjukkan jika buah markisa adalah obat mujarab untuk para penderita asma.

Mencegah infeksi

Kandungan vitamin C dalam buah markisa memiliki anti-oksidan yang membantu tubuh mencegah dan melawan penyakit serta infeksi. Hal ini juga mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan perbaikan jaringan tubuh.

loading...
loading...