Yuk, Lihat Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan!


Pertanianku – Daun ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan sebagai penyedap pada suatu masakan. Namun, ternyata manfaatnya bukan hanya sebagai penambah rasa pada masakan. Mungkin belum banyak yang mengetahui manfaat daun ketumbar untuk kesehatan.

Terlepas dari keperluan kuliner, daun ketumbar bisa digunakan dalam pengobatan alami dalam bentuk jus. Daun ketumbar dapat mencegah berbagai penyakit karena memiliki sifat antiseptik dan karminatif.

Berikut beberapa manfaat daun ketumbar untuk kesehatan, sebagaimana melansir Boldsky.

Mencegah diabetes

Ketumbar biasanya disebut sebagai herbal antidiabetes. Dengan bahan-bahan alaminya, daun ketumbar memiliki manfaat yang efektif dalam mengendalikan dan menjaga kestabilan kadar gula darah. Untuk pasien diabetes, jus daun ketumbar juga akan bermanfaat.

Menurunkan tekanan darah

Dengan kandungan magnesium, kalsium, mangan dan zat besi, jus ketumbar sangat sempurna untuk memulai hari. Selain itu, ketumbar juga tinggi kalium dan rendah sodium yang mengontrol denyut jantung serta tekanan darah. Anda dapat membuat jus daun ketumbar segar dan menambahkan minyak zaitun atau almond untuk menambah rasa.

Baik untuk sistem pencernaan

Salah satu dari sekian banyak manfaat daun ketumbar adalah menyehatkan saluran pencernaan Anda. Minum jus daun ketumbar akan mengobati kembung, perut mual, dan mulas.

Menghilangkan racun dalam tubuh

Daun ketumbar memiliki sifat antiseptik, di mana akan membantu dalam detoksifikasi tubuh dan mencegah banyak infeksi. Dengan mengonsumsi jus daun ketumbar setiap hari, Anda dapat mencegah penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Menjaga kesehatan tulang

Segelas jus daun ketumbar akan membantu Anda memiliki tulang yang kuat. Karena kaya akan kalsium, daun ketumbar memiliki mineral yang mampu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Seiring dengan ini, daun ketumbar juga membantu dalam memperbaiki patah tulang.

Baca Juga:  Sembuhkan Diare dengan Jahe
loading...
loading...