Yuk, Lihat Manfaat Jahe untuk Kesehatan!

0

Pertanianku – Tanaman herbal satu ini memang sudah diketahui banyak orang karena menyimpan manfaat yang sangat luar biasa. Bahkan, bisa dikatakan jika jahe itu multifungsi. Bagaimana tidak, tanaman herbal satu ini bisa digunakan untuk memasak, membuat minuman, ramuan herbal, atau bahkan dibuat kue. Sungguh banyak kegunaannya bukan?!

Rasanya yang hangat membuatnya banyak disukai oleh masyarakat. Salah satu olahan jahe yang sangat nikmat dikonsumsi saat cuaca dingin adalah wedang jahe. Tak hanya nikmat, jahe sendiri banyak memiliki manfaat bagi manusia.

Sebagaimana melansir Boldsky, berikut beberapa manfaat rutin mengonsumsi jahe.

Melawan kanker

Segenggam jahe dapat membantu melawan sel-sel kanker di sekitar ovarium. Tidak cuma itu, konsumsi jahe secara teratur menurunkan radang usus atau melawan kanker usus besar.

Meredakan sakit tenggorokan

Untuk mengobati rasa sakit di tenggorokan, iris sepotong jahe dan rebuslah bersama segelas air. Didihkan hingga wangi, lalu tambahkan madu dan lemon. Minum wedang jahe setiap hari dapat melawan sakit tenggorokan yang sangat menyiksa dan tidak menyumbat hidung.

Peradangan saraf

Peradangan sel dan saraf dapat diatasi dengan menggunakan jahe karena mengandung gingerol. Jahe menghilangkan rasa sakit akibat arthritis. Silakan coba dan buktikan ya!

Mencegah naiknya asam lambung

Sesuai studi, ditemukan bahwa jahe enam kali lebih baik melawan naiknya asam lambung. Bahkan, jahe juga dapat melawan kanker lambung. Oleh karena itu, Anda harus konsumsi jahe rutin setiap hari agar kondisi usus tetap sehat.

Meredakan sakit gigi

Gosokkan jahe mentah pada gigi Anda yang terasa sakit dalam beberapa menit. Cara ini dapat meredakan sakit gigi yang Anda alami. Jahe mengandung zat molekul bio-aktif yang membantu menenangkan peradangan pada gusi.

Bagaimana sangat banyak bukan manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi jahe secara rutin?! Namun, perlu diingat, mengonsumsi berbagai macam olahan jahe tidak diperkenankan dalam kadar yang berlebihan ya!

loading...
loading...