Yuk, Lihat Manfaat Mengonsumsi buah Manggis!

0

Pertanianku – Buah manggis termasuk buah-buahan tropis yang diyakini berasal dari Indonesia. Rasanya yang manis dan penampilannya yang unik membuat manggis kerap disebut sebagai ratunya buah.

Beragam nutrisi yang ada di dalam manggis membuatnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah manggis secara rutin.

Meningkatkan sistem imun

Buah manggis kaya akan vitamin C, yakni mencukupi sekitar 12% kebutuhan harian tubuh per 100 g. Vitamin C merupakan salah satu anti-oksidan alami larut air yang berfungsi menangkal radikal bebas. Mencukupi kebutuhan vitamin C membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kuman penyakit penyebab flu, hingga radikal bebas penyebab kanker.

Mengandung senyawa anti-inflamasi dan antijamur

Buah manggis sudah banyak digunakan oleh masyarakat Asia Tenggara selama ratusan tahun untuk mengobati infeksi, mengurangi rasa sakit, menurunkan demam, dan penyakit tropis lainnya. Hal ini dikarenakan manggis mengandung gamma-mangostin yang merupakan anti-inflamasi kuat.

Hasil penelitian yang diterbitkan di Nutrition Journal menunjukkan bahwa mereka yang meminum jus manggis dua kali sehari mengalami penurunan peradangan di aliran darahnya secara signifikan. Manggis juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit gusi seperti periodontitis.

Buah manggis yang dibuat salep pun sering dipakai untuk menyembuhkan eksim dan penyakit kulit lain. Sementara bagian kulitnya yang direbus dapat dioleskan ke tubuh sebagai losion astringent. Akar pohon manggis juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit menjelang menstruasi.

Mengobati TB

Salah satu penelitian di Thailand menunjukkan bahwa alfa mangostin, beta mangostin, dan garcinone B dapat menghambat infeksi mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan penyakit TB (dulu disebut TBC). Manggis juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang sangat diperlukan bagi pasien penderita TB.

Mengobati disentri dan diare

Bagian kulit pada manggis dapat dikeringkan, diiris, dan ditumbuk untuk mengobati disentri. Kulit manggis juga biasa digunakan untuk mengobati diare, radang kandung kemih, kencing nanah, dan gleet. Cara menggunakannya, rebus kulit manggis semalaman dan berikan pada penderita diare kronis. Masyarakat Filipina juga sering membuat jamu dari daun dan kulit kayu manggis untuk merawat penyakit yang sama.

Meningkatkan metabolisme

Manggis mengandung berbagai macam vitamin B kompleks termasuk tiamin, folat, dan niacin. Vitamin-vitamin tersebut bertindak sebagai kofaktor yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk mengolah karbohidrat, lemak, serta protein.

loading...
loading...