Yuk, Lihat Manfaat Mengonsumsi Kurma Secara Rutin Selama Puasa!

Pertanianku – Kurma merupakan nama tanaman palma yang berasal dari genus Phoenix. Pohon kurma dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 15—25 meter. Buah kurma memiliki bentuk lonjong silinder berukuran panjang sekitar 3—7 cm dengan diameter sekitar 2—3cm. Kurma memiliki buah muda berwarna merah cerah ke kuning cerah tergantung varietas jenisnya.

Kurma sangat digemari banyak orang untuk konsumsi karena kandungan gizi serta manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat buah kurma yang baik dikonsumsi selama puasa:

Mencegah reumatik

Kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, sulphur, dan boron dalam kurma dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan otot sehingga mencegah terjadinya rematik. Dengan mengonsumsi 15 butir buah kurma, dapat memenuhi kebutuhan mineral tersebut.

Mencegah kanker otak

Kandungan mineral yang cukup tinggi dalam buah kurma dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kanker otak.

Menjaga kesehatan usus

Kandungan serat dalam buah kurma dapat membantu membersihkan usus dari sisa makanan yang menempel pada dinding usus. Selain itu, serat tersebut dapat berfungsi sebagai probiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik pada pencernaan.

Membantu mengobati demam berdarah

Menurut sebuah studi, buah kurma dapat membantu meningkatkan kadar trombosit. Oleh karena itu, buah kurma ini baik dikonsumsi untuk pasien yang terserang demam berdarah.

Sumber anti-oksidan

Buah kurma memiliki anti-oksidan yang tinggi. Anti-oksidan tersebut memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab kanker. Jadi, mengonsumsi buah kurma sangat baik.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam kurma yang cukup tinggi dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Sebab, fungsi kalium tersebut adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Mencegah risiko stroke

Risiko stroke dapat berkurang hingga 40% jika mengonsumsi sekitar 400 mg/100 gram kalium per hari. Dengan mengonsumsi kurma minimal 5 butir, kebutuhan kalium tersebut dapat terpenuhi dan pastinya akan memperkecil risiko terkena stroke.

Membantu mencegah anemia

Kandungan kalsium dan juga zat besi pada kurma dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah sehingga buah kurma dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan darah.

loading...
loading...