Yuk, Lihat Manfaat Mengonsumsi Sayuran Hidroponik, Anda Wajib Tahu!


Pertanianku – Salah satu cara menjaga agar tubuh tetap fit dan terhindar dari berbagai macam penyakit adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran. Sayuran amat sangat dibutuhkan tubuh karena kaya akan serat dan mengandung berbagai macam nutrisi serta vitamin. Mengonsumsi sayuran sebaiknya yang ditanam secara organik ataupun hidroponik.

Foto: Livestrong

Mengapa demikian?

Tren menanam sayuran hidroponik telah dilakukan oleh banyak kalangan. Bahkan, kini banyak orang telah membudidayakan sayuran hidroponik di pekarangan rumah. Sayuran hidroponik juga dipercaya lebih sehat ketimbang sayuran yang ditanam dengan sistem konvensional.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Achmad Yurianto mengatakan, sayuran sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena itu, setiap orang harus mengonsumsinya setiap hari.

“Sayur itu sehat dan dibutuhkan oleh tubuh kita karena kandungan nutrisinya cukup tinggi,” ujar Yuri.

Mengaplikasikan sistem penanaman secara hidroponik juga terbilang cukup mudah. Anda bisa menggunakan wadah bekas untuk menanam bibit tanaman yang bebas pupuk dan pestisida. Cukup siapkan bahan-bahan bekas rumah tangga yang tidak terpakai seperti wadah baskom, gelas, kaleng cat, paralon bekas, ataupun ember kecil.

Jenis tanaman yang mudah tumbuh bila ditanam dengan teknik hidroponik, yaitu sawi, selada, pak coy, bayam, kangkung, serta semua jenis sayuran hijau lainnya.

Anda tinggal membeli bibit sayuran tersebut, lalu praktikkan menanam hidroponik di halaman rumah. Siapkan tanah dan air yang berkualitas agar tanaman tersebut tumbuh sempurna. Jangan gunakan pupuk atau pestisida karena dapat memicu penyakit.

Selain itu, Anda juga harus tahu manfaatnya bila kreatif menanam sayuran hidroponik. Saat panen, sayuran bisa dikonsumsi langsung dan lebih menyehatkan. Anda dapat mencegah polusi udara karena ada tanaman hijau. Selain itu, dapat mempercantik taman atau halaman rumah Anda.

Baca Juga:  Inilah Khasiat Tak terduga dari Jus Bayam

Waktu menerapkan metode ini pun tidak lama. Anda dapat menikmati hasil panen sayur paling lambat dalam waktu 30 hari. Bagi pemula yang ingin menanam sayur dengan metode ini jangan ragu. Sebab, Anda tak perlu merogoh kocek mahal untuk membeli bahan dan alat hidroponik.

“Jangan anggap menanam hidroponik itu sulit. Bisa kok kalau di rumah memanfaatkan barang-barang bekas,” ucapnya.

Seseorang yang menerapkan metode ini, menurut Yuri, juga mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hasil panennya pun lebih alami dan sehat karena semua proses metode tanamnya dipantau sendiri.

“Saat sayuran bisa dipanen, jelas bisa langsung dimakan. Ini kaitannya dengan Germas” papar Yuri.

loading...
loading...