Yuk, Lihat Manfaat Okra Sebagai Penghalau Diabetes!


Pertanianku – Okra adalah sayuran yang sangat sehat jika dikonsumsi meskipun sayuran ini tidak begitu populer di Indonesia. Tanaman ini sebenarnya telah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Okra ternyata sangat populer di Malaysia, Singapura, Srilanka, Eropa, Brazil, India, Jepang, dan masih banyak lainnya. Sayuran berbatang hijau panjang mirip terung ini sejak dulu diketahui memiliki segudang manfaat bagi tubuh berkat kandungan nutrisinya yang segudang, kalium, vitamin B, vitamin C, asam folat, dan kalsium. Dan baru-baru ini, para ilmuwan menyingkap manfaat baik dari okra untuk diabetes, termasuk diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional.

Penelitian mengenai efek okra untuk diabetes menunjukkan bahwa airnya dapat memperbaiki kadar gula darah dari percobaan tikus lab yang mengalami diabetes gestasional. Biji okra yang dipanggang juga telah diteliti dan diketahui memiliki efek positif dalam menurunkan kadar gula darah.

Berikut beberapa manfaat okra yang wajib Anda ketahui:

Kaya akan serat untuk meningkatkan sensitivas insulin tubuh

Delapan batang okra ukuran sedang diperkirakan mengandung 3 gram serat. Mengonsumsi makanan tinggi serat merupakan salah satu bagian penting dari pola makan sehat untuk orang-orang diabetes karena serat diketahui dapat membantu kontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sayuran penangkal stres

Sejauh ini ada bukti yang menunjukkan bahwa ekstrak biji okra mengandung anti-oksidan yang memiliki efek antistres pada darah tikus lab. Mengontrol tingkat stres merupakan bagian penting dalam menghadapi diabetes.

Menurunkan kolesterol

Penderita diabetes cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sayuran ini telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tikus.

Mempercepat pemulihan dari sakit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau ini dapat mempercepat pemulihan dan menurunkan tingkat kelelahan.

Baca Juga:  Praktis! Masak Sayur dengan Microwave

Namun, Anda juga harus tahu bahwa okra sama sekali tidak dapat menggantikan peran insulin dalam pengobatan medis Anda. Pada sebuah penelitian, okra diketahui dapat menghambat penyerapan dari metformin, salah satu obat yang sering digunakan untuk penderita diabetes. Jika Anda sedang mengonsumsi metformin, okra bukan pilihan yang tepat bagi Anda.

loading...
loading...