Yuk, Lihat Manfaat Sayur Kangkung jika Dikonsumsi


Pertanianku – Kangkung merupakan sayuran yang cukup populer di Indonesia. Hal ini karena sayuran ini memiliki harga yang sangat murah dan mudah didapat. Cara mengolahnya pun tergolong cukup sederhana. Di Indonesia kangkung dimanfaatkan menu hidangan yang tentu saja nikmat seperti tumis kangkung.

yuk-lihat-manfaat-sayur-kangkung-jika-dikonsumsi

Kangkung yang masih muda bisa dimakan mentah sebagai lalapan. Atau, dimasak sebagai sayuran dan tumis.

Berikut beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan:

  1. Mengatasi insomnia

Manfaat kangkung yang pertama dapat membantu mengatasi insomnia. Kandungan yang dimiliki oleh sayuran ini, yaitu unsur sedatif yang dapat membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung di dalamnya bisa mengendurkan saraf dan membuat rileks. Kangkung ini sangat cocok dikonsumsi pada saat musim penghujan karena dapat menyebabkan kantuk yang pas berkolaborasi dengan dingin.

  1. Antitoksin dan mencegah sembelit

Kangkung mempunyai sifat antiracun sehingga berguna untuk meringankan sakit bisul hingga perawatan kulit. Hal ini juga meringankan sembelit karena kangkung juga tinggi akan serat seperti halnya dengan sayuran lainya.

  1. Mengandung zat besi

Pada umumnya orang mengenal bayam untuk menambah asupan zat besi secara alami. Tetapi jika Anda mengonsumsi kangkung, Anda juga akan memperoleh manfaat yang sama. Sayuran air ini memiliki kandungan zat besi sekitar 2,5 mg per 100 gramnya sehingga baik untuk menambah hemoglobin sehingga bisa mencegah atau mengurangi anemia.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Kangkung yang diekstrak ternyata baik untuk penderita diabetes melitus. Hal ini disebabkan zat dalam ekstrak kangkung bisa menyerap kelebihan gula dalam darah. Jadi, jika Anda memiliki kadar gula yang tinggi, tidak ada salahnya untuk sedikit mengonsumsi sayur kangkung.

  1. Menjaga kekebalan tubuh
Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Kangkung ternyata sangat banyak mengandung vitamin C sehingga dapat dipercaya untuk penangkal serangan influenza. Bahkan diketahui bahwa kandungan vitamin C dalam kangkung lebih tinggi daripada buah-buahan. Sungguh luar biasa bukan. Sayur ini memang sangat cocok dikonsumsi saat perubahan iklim karena vitamin C yang terkandung dapat juga membasmi bakteri yang berevolusi.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kangkung juga sangat tinggi vitamin A, yaitu nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan mata kita. Vitamin A merupakan anti-oksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata kita. Jika tak ingin menderita katarak, atau degenerasi manula, serta gangguan kesehatan mata lainnya, perbanyak konsumsi vitamin A alami, termasuk dari sumber kangkung. Radikal bebas juga dipercaya dapat menimbulkan sel kanker. Oleh karena itu, konsumsilah kangkung untuk menghambat sel kanker.

  1. Menjaga kesehatan hati dan liver

Menurut penelitian, kangkung disebutkan dapat mencegah kerusakan hati. Hal ini dikaitkan dengan efek senyawa kimia dalam kangkung yang berkontribusi terhadap modulasi pada enzim detoksifikasi dan anti-oksidan serta efek radikal bebas.

  1. Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Kangkung aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Dan sebenarnya di India kangkung juga digunakan untuk mengobati diabetes selama kehamilan. Kangkung juga dipercaya oleh para ibu menyusui dapat menambah jumlah ASI.

loading...
loading...