Yuk, Lihat Nikmatnya Minuman dari Daun Kopi!

0

Pertanianku – Kopi bukan hanya dapat dinikmati bijinya saja. Tahukah Anda ternyata daun kopi juga dapat dijadikan minuman yang tak kalah nikmatnya dari segelas kopi. Teh daun kopi merupakan sebuah minuman yang dapat dibuat dari daun kopi. Minuman ini dipercaya memiliki aroma dan juga rasa yang sangatlah nikmat.

Bukan hanya memiliki aroma nikmat saja, minuman ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Teh ini banyak sekali dinikmati oleh orang atau masyarakat di Sumatera Barat. Masyarakat Sumatera Barat biasa memanen biji kopi beserta daunnya.

Layaknya teh dan kopi, minuman ini mengandung lebih sedikit kafein dan banyak zat anti-oksidan, serta zat antiperadangan. Selama ini, teh daun kopi diteliti oleh para ilmuwan di Royal Botanic Gardens di Kew bersama dengan ilmuwan dari Montpellier, Prancis.

Di tanah Minang, minuman khas yang terbuat dari daun kopi kering disebut dengan nama kawa. Selain memiliki aroma khas kopi dan memiliki kandungan kafein yang rendah, sensasi menikmati minuman daun kopi juga tidak kalah nikmat dengan meminum kopi dari biji kopi.

Cara membuat kawa cukup mudah dan sederhana. Prosesnya diawali dengan mengeringkan daun-daun kopi lokal dengan cara dikeringkan di terik matahari kemudian disangrai di atas perapian.

Tahap pengeringan ini memang termasuk tahap yang paling memakan waktu. Selanjutnya, daun kopi yang telah kering diseduh dengan air mendidih.

Berbeda dengan minuman biji kopi yang berwarna hitam pekat. Kawa lebih mirip dengan minuman teh. Minuman daun kopi ini bisa dinikmati dengan tambahan gula, biasanya disajikan dengan menggunakan gelas batok kelapa.

loading...
loading...