Yuk, Lihat Potensi Budidaya Ikan Lele di Desa Hangtuah!


Pertanianku – Banyak orang mengatakan menjalankan usaha budidaya ikan lele tidak pernah ada matinya. Bahkan, semakin hari peluang bisnisnya semakin menjanjikan. Terlebih kini banyak metode yang bisa diaplikasikan untuk membudidayakan ikan sejuta umat ini.

Banyak orang tertarik menjalankan usaha ini. Mulai dari yang menjadikannya sebagai usaha sampingan saja hingga serius dan fokus membudidayakan ikan lele. Terbukti banyak pembudidaya yang telah sukses berkat ikan lele.

Bahkan, ada sebuah daerah disebut sebagai ‘kampung lele’ karena sebagian besar warganya menjadi petambak lele. Kampung lele tersebut berada di Desa Hangtuah Kabupaten Kampar, Riau, ini sepertinya bisa ditiru. Warga secara bersama-sama melakukan budidaya ikan lele yang hasilnya sangat menjanjikan. Meski dilakukan secara manual dalam jangka waktu 2—3 bulan mampu menghasilkan 300 kg ikan lele. Jika di pasaran harga 1 kg lele yakni Rp20.000, dapat dibayangkan omzet yang dapat Anda kantongi.

Menurut Mujiono, Sekretaris Desa Hangtuah, permintaan terhadap ikan berkumis ini semakin meningkat seiring menjamurnya warung-warung makan yang menyediakan menu pecel lele ini.

“Untuk sekarang ini, penghasilan budidaya ikan lele terbilang besar sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” kata Mujiono seperti dilansir kkpnews.

Pengurus Forum Masyarakat Sadar Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan (FORMIKAN) wilayah Riau yang diprakarsai oleh Stasiun KIPM Kelas I Pekanbaru, beberapa waktu telah melaksanakan ‘Kampaye Masyarakat Sadar Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan’ di Kampung Lele Desa Hangtuah Kabupaten Kampar.

Di acara tersebut, Kepala Stasiun KIPM M.W. Giri Pratikno mengatakan budidaya lele di Kampung Lele Desa Hangtuah ini perlu ditingkatkan, karena akan berdampak positif bagi peningkatan ekonomi warga sekitar.

“Peran aktif masyarakat seperti inilah yang harus selalu kita support,” ujar Giri.

Baca Juga:  Jenis-jenis Ikan Arwana yang Perlu Anda Ketahui

Budidaya di Kampung Lele Desa Hangtuah merupakan kerja kelompok melalui kerja sama yang saling menguntungkan, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggota dalam mengembangkan usaha dan pemasaran hasil. Tidak itu saja, misinya juga dengan harapan nanti akan dapat menumbuhkan anggota kelompok sebagai calon pengusaha yang profesional.