Yuk, Lihat Tanah Ajaib di Alaska yang Dapat Hasilkan Sayur Raksasa


Pertanianku – Mungkin Anda pernah mendengar bahwa di beberapa negara terdapat buah dan sayuran dengan ukuran yang super besar. Salah satu negara tersebut berada di kawasan Alaska, Amerika Serikat.

Matanuska-Susitna adalah sebuah lembah kecil di Alaska. Tak banyak lokasi dengan pemandangan menakjubkan di sini. Namun, Matanuska-Susitna memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lembah ini merupakan tempat tumbuhnya buah dan sayur berukuran raksasa.

Setiap tahun daerah Palmer mengadakan The Alaska State Fair, sebuah kontes buah dan sayuran yang konsepnya cukup unik. Pada event ini, para petani di Matanuska-Susitna secara rutin melombakan sayur-sayur jumbo yang mereka tanam. Di sini, sayuran dengan berat puluhan kilogram merupakan hal yang biasa.

Kubis seberat 62 kilogram, blewah yang beratnya nyaris 30 kilogram, hingga brokoli dengan berat 15 kilogram adalah beberapa dari deretan sayur raksasa yang menjadi juara kontes dalam beberapa tahun terakhir.

“Beberapa begitu besar, Anda bahkan tidak bisa mengenali lagi (sayuran) apa sebenarnya itu,” ungkap Kathy Liska, salah satu juri kontes.

Sayuran dengan ukuran luar biasa merupakan ciri khas Matanuska-Susitna. Lembah itu merupakan daerah pertanian paling produktif di Alaska. Kamu mungkin penasaran kenapa sayur yang ditanam di sini bisa memiliki ukuran sebesar itu. Tak ada rekayasa genetik atau bahan kimia. Rahasia pertumbuhan tanaman pangan yang luar biasa di Matanuska-Susitna cuma sinar matahari yang berlimpah.

Alaska sendiri memiliki musim tanam yang sangat pendek, kira-kira 105 hari dalam setahun. Namun seperti sudah diketahui, lokasinya yang sangat jauh dari garis khatulistiwa menyebabkan warga Alaska menikmati siang hari yang sangat panjang.

Baca Juga:  Ladies, Kurangi Konsumsi Sayuran Ini Ya
loading...
loading...