Yuk, Manfaatkan Cangkang Telur untuk Tanaman!

0

Pertanianku – Saat mengolah telur, pasti Anda akan langsung membuang cangkangnya bukan? Mulai sekarang, sebaiknya Anda jangan melakukan hal itu lagi. Pasalnya, cangkang telur dapat bermanfaat. Kandungan zat kalsium pada cangkang telur adalah produk organik yang sangat bermanfaat untuk tanaman.

Yuk, langsung saja kita lihat beberapa manfaat cangkang telur untuk tanaman!

Sebagai media tanam

Cangkang telur kaya akan kalsium sehingga dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Caranya, gunakan cangkang telur tersebut sebagai media semai. Gunakan cangkang dengan bagian bawahnya yang sudah dilubangi terlebih dahulu. Setelah siap, isi dengan tanah berkualitas bagus sebagai media tanam dan letakkan bibit tanaman di dalamnya. Bila bibit sudah siap pindah tanam, Anda hanya perlu meremukkan kulit telur tersebut dan masukkan ke dalam pot atau lubang tanam baru.

Sebagai nutrisi tanaman

Hancurkan cangkang telur sampai menjadi bubuk, tambahkan air secukupnya dan setengah tutup botol cuka, tuang dan campurkan pada media tanam kompos untuk ditebar. Bila tidak ingin repot, bisa juga dengan menghancurkan kulit telur dan tebarkan pada media tanam. Lama kelamaan kulit telur akan hancur dan bersenyawa dengan tanah.

Sebagai pagar hama

Gunakan cangkang telur sebagai pagar penghalang hama siput dan bekicot pada tanaman Anda. Kedua jenis hama tanaman itu tidak dapat melewati ujung cangkang telur yang tajam. Pastikan bahwa pecahan cangkang telur tidak terlalu kecil agar bisa berfungsi sepenuhnya.

Mengatasi masalah saluran air yang tersumbat

Terkadang kita sering mengalami masalah saluran air, yaitu tersumbat sehingga mengganggu aktivitas kita. Dan, seperti yang kita ketahui, penanganannya juga dengan cara menusuk-menusuk saluran agar kotoran-kotoran yang menyumbat dapat mengalir dengan lancar.

Ada cara unik untuk melancarkan saluran air yang tersumbat, yaitu dengan menggunakan cangkang telur. Haluskan cangkang telur sampai menjadi bubuk, lalu tuangkan dalam saluran yang tersumbat, kemudian biarkan selama semalaman, keesokan harinya, pastinya saluran air yang tersumbat sudah lancar kembali. Anda juga bisa menambahkan sedikit cuka untuk hasil yang maksimal.

Tidak disangka ya, ternyata cangkang telur yang kita anggap limbah selama ini ternyata sangat bermanfaat bagi tanaman dan rumah tangga.

loading...
loading...