Yuk, Membuat Tanaman Gantung dari Paralon!


Pertanianku – Hobi bercocok tanam sepertinya kini telah merajalela pada masyarakat di perkotaan. Sekarang lahan sempit bukanlah menjadi suatu alasan tidak bisa melakukan kegiatan berkebun di rumah.

Salah satu kreasi yang dapat dilakukan untuk Anda yang hobi berkebun dengan membuat wadah untuk tanaman terlihat cantik dan minimalis adalah menggunakan bahan paralon. Dengan paralon, selain bisa mendapatkan taman yang murah tapi terlihat hebat, Anda juga bisa menanaminya dengan berbagai tumbuh-tumbuhan seperti tumbuhan obat ataupun tanaman buah menjalar.

Jika Anda tertarik membuatnya, berikut tahapannya:

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat taman paralon menggantung adalah dengan menyiapkan paralon. Anda bisa menggunakan paralon bekas yang sudah tidak terpakai.

Caranya, bersihkan paralon secara menyeluruh hingga tak ada kotoran dan cat yang mengelupas dengan mengoleskan sabun. Langkah selanjutnya adalah membuat rongga di sepanjang paralon. Bagian bawahnya diberi lubang, hal ini penting dilakukan untuk menjaga drainase. Jangan lupa untuk memberi penutup pada kedua ujung paralon agar tanah dan pupuk tidak tumpah.

Lakukan hal ini sesuai dengan berapa banyak paralon yang akan Anda buat, lalu hubungkan dengan kayu sehingga menjadi satu kesatuan. Letakkan taman gantung yang Anda buat sendiri di tempat yang tepat.

Idealnya, taman gantung paralon harus berada di tempat yang terkena sinar matahari, dan terlindung dari angin kencang. Jika Anda pengagum keselarasan warna, Anda perlu mengecat bagian luar paralon hingga tampak sama dengan cat tembok rumah Anda.

Terakhir, Anda tinggal menambahkan tanah, pupuk, dan bibit. Pilihlah tanah yang sesuai dengan bibit tanaman, dan tidak perlu mengisi paralon dengan tanah sampai penuh. Siramlah dengan air dan rawatlah tanaman seperti merawat anak sendiri, lalu nikmati taman yang Anda buat sendiri.

Baca Juga:  Tips Merawat Anthurium Jemani Supaya Subur dan Indah

Bagaimana cukup mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba!