Yuk, Menanam Daun Bawang Hidroponik di Rumah dengan Teknik Ini!


Pertanianku — Cara menanam daun bawang hidroponik kini mulai banyak diterapkan karena tanaman ini digemari sebagai tanaman penghias ruangan. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan sebagai media pendukungnya.

menanam daun bawang hidroponik
Foto: Google Image

Nah, bagi Anda yang sudah penasaran ingin mengetahui cara menanam daun bawang hidroponik, berikut ini langkah-langkahnya yang bisa Anda tiru di rumah.

  1. Pembuatan media hidroponik

Pilih beberapa media yang akan digunakan antara lain sekam, pasir, serbuk kayu, mineral, dan air. Pada tanaman hias daun bawang, maka yang paling bagus ialah media air, agar bisa memberikan kontras warna yang menarik saat diletakkan dalam ruangan.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan di antaranya gelas kaca bening, air jernih, kerikil, dan pasir. Cara membuatnya, cuci bersih pasir dan kerikil terlebih dahulu. Isi gelas dengan air hingga setengahnya. Masukkan kerikil, kemudian masukkan pasir kira-kira hingga 1/8 gelas. Diamkan hingga air kembali jernih.

Anda bisa menaruh batu apung yang akan menjernihkan warna air. Agar bisa menampung lebih banyak bibit daun bawang, maka Anda bisa memanfaatkan stoples kaca.

  1. Menyiapkan bibit daun bawang

Biasanya daun bawang dijual masih dengan akarnya sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai bibit. Pilihlah daun bawang yang akarnya terlihat masih utuh, lalu segera disiram air untuk menjaga kesegarannya. Daun bawang yang sudah dipilih tadi, lalu dipotong bagian atasnya dan disamakan panjangnya kira-kira 12—15 cm.

Anda bisa mengumpulkan beberapa daun menjadi satu agar diameternya mendekati diameter gelas media tanam. Untuk sementara, Anda bisa mengikat daun-daun tadi menggunakan karet gelang terlebih dahulu baru nanti bisa dimasukkan ke wadah gelas.

  1. Memberi nutrisi dalam media air
Baca Juga:  5 Cara Mudah Membuat Bibit F1 Media Gabah untuk Jamur Tiram

Agar tanaman daun bawang nantinya tetap subur meski ditanam dalam air, tentu Anda harus memberikan asupan nutrisi yang cukup di dalam air tersebut agar bisa diserap tanaman. Untuk memberikan nutrisi dalam air, Anda harus memilih jenis pupuk yang tidak akan mengotori air tersebut.

Pilihlah pupuk organik cair yang banyak dijual di toko pertanian karena lebih praktis, mudah larut serta tidak menyebabkan warna menjadi keruh. Selain itu, gunakan ZPT Auxin untuk merangsang pertumbuhan akarnya sehingga tanaman cepat berkembang setelah diletakkan di dalam media hidroponik.

  1. Penanaman bibit daun bawang

Setelah media tanamnya sudah siap, Anda tinggal memasukkan bibitnya ke gelas air tersebut. Pastikan bahwa air tidak meluap dari gelas. Bagian yang terendam air ialah hanya bagian akar tidak melebihi bagian pangkal putihnya. Setelah dimasukkan ke wadah, pindahkan gelas tersebut ke tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Anda bisa meletakkannya di dekat jendela.