Yuk, Menanam Kapulaga


Pertanianku – Tanaman kapulaga masih termasuk keluarga dari jahe. Umumnya, tanaman kapulaga tumbuh di daerah tropis, jadi sangat sesuai ditanam di Indonesia. Anda pun jadi lebih mudah menanam kapulaga di rumah. Tanaman kapulaga sangat baik ditanam pada lingkungan suhu yang terjaga hangat, yaitu sekitar 22 derajat celcius. Tanaman ini akan matipada  suhu dingin.

Yuk, Menanam Kapulaga

Tanaman kapulaga dapat tumbuh tiga setengah meter, jadi jika Anda berencana menanamnya di rumah, pastikan pot yang dipilih berukuran besar agar dapat mewadahi ukuran pohon kapulaga yang cukup besar. Jangan lupa untuk meletakkan pot di area yang teduh di rumah, atau di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Tanah yang sesuai untuk menanam kapulaga adalah tanah subur yang dapat menjaga kelembapan sehingga akar tanaman bisa terus basah. Setelah Anda memilih tanah yang tepat, tanamlah bibit kapulaga pada kedalaman 4 cm saja. Jangan lupa untuk menyiram tanah setelah menanam bibit kapulaga.

Setelah sebulan hingga dua bulan ditanam, barulah kecambah kapulaga muncul. lakukan penyiraman tanah sesering mungkin agar tidak mengering. Untuk mempercepat pertumbuhan, Anda juga dapat menggunakan pupuk yang tinggi nitrogen dan rendah potassium. Kurangi frekuensi pemupukan jika Anda menanamnya di dalam ruangan.

Daun kapulaga dapat dipanen setiap saat sehingga dipakai untuk membungkus makanan. Sedangkan bijinya baru dapat dipanen setelah tiga tahun. Jadi bersabarlah untuk mendapatkan biji kapulaga terbaik.

Baca Juga:  Segudang Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan
loading...
loading...