Yuk Mengenal Ikan Demasoni


Pertanianku – Indonesia merupakan negara maritim, karena itulah usaha banyak budidaya ikan hias yang memiliki peluang yang sangat menguntungkan. Usaha ini dipercaya mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama, karena diminati konsumen tidak hanya penggemar ikan hias, namun, juga masyarakat umum. Mengingat manfaat ikan hias dapat menghilangkan stres jika di pelihara.

Yuk Mengenal Ikan Demasoni

Salah satu jenis ikan hias yang kini sedang diganderingi dan banyak dipelihara adalah ikan demasoni. Ikan ini banyak dicari karena memiliki warna yang menarik yaitu hitam dengan garis-garis biru. Ikan dengan nama latin Pseudotropheus Demasoni ini berasal dari Malawi, Afrika bagian selatan.

Ikan demasoni merupakan salah satu jenis ikan yang masuk kategori ikan cichlid, atau ikan dari benua Afrika yang kaya warna. Ikan cichlid  terdiri lebih dari 1.300 spesies. Itu sebabnya ikan ini kerap juga disebut demansoni cichlid.

Aliyudin Purnama, pembudidaya demansoni asal Subang, Jawa Barat, mengungkapkan, peluang bisnis budidaya ikan demansoni cukup memiliki prospek karena harga jualnya yang cukup mahal. “Ikan demansoni termasuk ikan air tawar yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air, mulai dari lingkungan air berkadar garam tinggi, kadar oksigen rendah, maupun sungai beraliran deras. Tidak hanya itu, harga jual ikan ini pun cukup mahal dibanding ikan hias lainnya,” tujar Purnama.