Yuk Mengenal Ikan Royal Pleco

Pertanianku – Royal Pleco atau nama ilmiahnya Panaque nigrolineatus merupakan ikan dari keluarga pleco yang tersebar dan hidup di sungai Amazon dan percabangannya seperti Rio Orinoco yang memanjang di Columbia dan Venezuela. Royal pleco memiliki beberapa nama lokal yaitu Carachama dalam Bahasa Spanyol, Acari-da-pedra (portugis) dan Panaque (Venezuela).

Yuk Mengenal Ikan Royal Pleco

Sebagai keluarga Loricariidae, Royal pleco atau Royal plecostomus ini juga mempunyai kode nama L yakni L190 atau L027. L190 dan L027 merupakan satu spesies, hanya saja L027 di pasaran lebih ditujukan pada royal pleco yang berasal dari sungai-sungai di Brazil yang mempunyai variasi warna sedikit keemasan.

Sejauh ini L190 dianggap sebagai spesies Panaque nigrolineatus, namun beberapa Panaque lain dari habitat yang berbeda mempunyai penampilan fisik yang sama, antara lain: L 027 Brazil (Rio Xingu, Rio Tapajos, Rio Jamaxim dan Rio Tocantins), L 090 Peru (Rio Ucayali), L 190 Venezuela dan Colombia (Rio Orinoco), L 191 Colombia (Rio Caguan), L 230 Peru, dan L 330 Colombia (Meta, Rio Guejar).

Royal pleco mempunyai bentuk fisik seperti kebanyakan keluarga pleco. Ukuran tubuhnya dapat mencapai panjang 43 cm. Tubuh ikan ini berwarna abu-abu terang dengan garis-garis lengkuk berwarna abu-abu gelap. Mata ikan berwarna merah sehingga kontras dengan warna tubuhnya. Beberapa variasi spesies ini mempunyai warna yang berbeda seperti warna dasar tubuh yang cenderung keemasan.

Sirip punggung ikan tergolong lebar dengan tepian sirip berwarna krem dan keemasan. Kepala ikan ini relatif besar bila dibanding pleco jenis lain dengan kulit yang kaku, keras dan tanpa sisik. Royal pleco bukanlah perenang handal karena tubuhnya yang berat dan tidak fleksibel. Namun, ikan ini mempunyai mulut penghisap yang kuat sehingga bisa bertahan di bebatuan atau kayu saat arus air sangat kuat. Seperti halnya genus panaque lainnya, ikan ini dilengkapi dengan gigi sendok yang tajam dengan bagian ujung yang lebih lebar. Ikan ini juga dilengkapi dengan buccal papilla yaitu kulit penutup yang berada dalam mulut. Namun, meskipun sarat akan gigi yang tajam, hewan ini adalah hewan jenis herbivora.

Baca Juga:  Jangan Sampai Salah, Begini Cara Memberikan Pakan Ikan Arwana yang Tepat

loading...