Yuk Menyusun Formula Pakan Sapi


Pertanianku – Bahan pakan dapat berasal dari zat pakan hewani maupun nabati. Pakan diramu dengan komposisi sederhana, tetapi tidak mengurangi kandungan gizi yang berarti sehingga dapat menekan biaya produksi selama pemeliharaan. Pada umumnya, kebutuhan akan nutrisi sapi adalah energi berkisar 60—70% total digestible nutrients (TDN), protein kasar 12%, dan lemak 3— 5%.

Formula Pakan Sapi

Penyusunan formula pakan ada beberapa metode. Semua metode yang digunakan bertujuan untuk mendekatkan kandungan nutrisi bahan pakan dalam memenuhi kebutuhan gizi asupan sapi. Ada beberapa metode dalam penyusunan ransum pakan ternak sapi potong, di antaranya adalah metode rancang coba, aljabar, segi empat pearson, dan komputer. Namun, dalam penghitungan formula di sini akan meggunakan metode segi empat pearson. Metode ini paling sering dilakukan karena lebih mudah dan sederhana. Pada penyusunan ransum dengan metode ini, hanya berdasarkan satu kriteria, misalnya berdasarkan TDN (Total Digestible Nutrients), protein, atau energi saja.

Dalam impelemetasi metode ini, harus dipilih zat pakan yang betul-betul memiliki peran besar pada pertumbuhan sapi sehingga penggunaan metode segi empat pearson bisa menjadi lebih akurat. Jika setelah bahan pakan dihitung berdasarkan kriteria TDN masih kurang seimbang untuk kebutuhan proteinnya maka penghitungan dapat dilanjutkan untuk kriteria proteinnya. Dengan demikian, akan didapat formula zat-zat pakan yang hampir mendekati kebutuhan sapi.

Untuk menyusun ransum dengan metode segi empat pearson,Anda harus mengetahui kebutuhan zat pakan harian dan pertambahan bobot badan harian yang diinginkan. Tabel 4 menyajikan kebutuhan zat pakan harian pada sapi potong jantan.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Walet

 

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!
loading...
loading...