Yuk Pahami Kesalahan Teknis dan Non-Teknis Dalam Beternak Ayam Kmapung


Pertanianku – Memahami apa yang sebenarnya terjadi memang merupakan keharusan. Ibarat Anda hendak masuk ke dalam hutan belantara, paling tidak Anda sudah paham itu hutan apa dan bagaimana geografisnya. Anda beternak ayam kampung belum tentu Anda seorang pakar peternakan, tetapi paham apa dan bagaimana beternak itu merupakan syarat mutlak. Minimal Anda memahami aspek bisnis ayam bila itu suatu usaha. Memahami memang tidak harus menguasai. Artinya agar sukses dalam beternak ayam, Anda dituntut untuk paham dengan apa yang sedang terjadi. Lebih baik lagi, bila Anda juga menguasainya. Dengan perjalanan waktu keduanya akan Anda peroleh pula dengan mantap.

Pemeliharaan Ayam Kampung Petelur

Dalam beternak ayam kampung, jelas kita akan menghadapi dua inti penggerak, yaitu teknis dan bukan teknis. Masalah teknis beternak merupakan cara beternak ayam, seperti kandang, sistem kandang, sistem produksi, cara memberi makan, makanannya, dan kesehatannya. Peternakan ayam Anda tentu harus ada pekerjanya yang mampu bekerja sesuai harapan Anda. Jadwal pekerjaan dalam keseharian juga harus diatur, berbagai catatan produksi dan penjualan juga harus ada dan jelas. Ayam yang sudah dihasilkan tentu harus dijual sehingga melibatkan pasar dan pemasaran. Semua masalah ini dikenal dengan permasalahan bukan teknis.

Ketiga permasalahan bukan teknis (manajemen, administrasi, dan pemasaran) bersama unsur teknis merupakan satu kesatuan dalam usaha peternakan. Bila salah satu saja goyah maka kesuksesan dalam beternak ayam pun akan goyah pula, bahkan bisa limbung/goyah dan ambruk.

 

Sumber: Buku Enam Kunci Sukses Beternak Ayam Kampung

 

Baca Juga:  Mendadak! Walikota Semarang Datangi Pabrik Pengolahan Pangan Ternak
loading...
loading...