Yuk, Penuhi Kebutuhan Serat dengan Konsumsi Buah Sirsak!

0

Pertanianku – Makanan apa yang akan Anda konsumsi ketika tubuh Anda dirasa kekurangan serat? Pasalnya, kebutuhan serat dalam tubuh setiap harinya harus terpenuhi. Seseorang biasanya akan mengonsumsi sayuran dan juga buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan serat harian. Nah, salah satu buah yang dapat memenuhi kebutuhan serat tersebut adalah sirsak. Mengapa buah sirsak?

Buah sirsak mengandung banyak serat. Satu porsi daging buah sirsak (100 gram) bisa memenuhi kebutuhan 13 persen kebutuhan serat harian tubuh. Serat, selain penting untuk metabolisme pencernakan juga bermanfaat untuk menyerap kolesterol jahat yang ada dalam tubuh sehingga hanya kolesterol baik yang ada di dalam tubuh.

Kandungan vitamin C dalam buah sirsak juga cukup tinggi. Di dalam 300 gram buah sirsak terdapat 60 miligram vitamin C. Jumlah ini sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin C untuk sehari. Vitamin C memiliki peran penting untuk menjaga sistem imun tubuh, menangkal radikal bebas hingga mencegah penuaan dini.

Buah sirsak juga mengandung beberapa zat yang bermanfaat untuk mengobati hipertensi sehingga buah ini sangat baik untuk mereka yang menderita penyakit hipertensi. Selain itu, buah sirsak juga terbukti efektif mencegah dan mengobati penyakit asam urat.

Selain vitamin C, buah ini juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Di setiap 100 gram buah sirsak mengandung 14 miligram kalsium serta 27 miligram fosfor. Sirsak juga mengandung zat tembaga yang berfungsi membantu penyerapan kalsium pada tulang sehingga bisa terhindar dari penyakit osteoporosis.

loading...
loading...