Yuk, Percantik Tampilan Rumah dengan Mini Garden


Pertanianku – Memiliki desain rumah yang asri dengan sentuhan mini garden di areal rumah adalah sebuah impian banyak orang. Pasalnya, kini taman bukan hanya berada di halaman rumah. Bahkan, kini di ruang tamu ataupun di meja makan, Anda bisa menghadirkan taman mini yang sangat indah.

Mini garden bisanya dirancang di dalam wadah seperti pot. Banyak orang menyukai mini garden karena terdapat aspek seni di dalamnya. Sebab, tanaman ini umumnya ditampilkan di tempat khusus yang eksklusif seperti di ruang tamu atau sudut ruang.

Pembuatannya juga tergolong tidak sulit. Jika Anda tertarik membuatnya, pertama Anda perlu menyiapkan pot keramik pendek tapi lebar, yang bisa menampung banyak tanaman untuk memudahkan penyusunannya.

Sebelum diisi media tanam berupa tanah humus, dasar pot diisi pecahan genteng atau batu bata dan batu-batu kerikil, untuk menjaga drainase tetap baik.

Agar terlihat lebih indah, pada media itu dibuat gunungan yang di puncaknya ditanami tanaman tinggi. Bisa dipilih tanaman beringin atau tanaman lain yang berbentuk pohon.  Selain untuk memberi kesan rimbun, juga agar degradasi ketinggian sehingga bagian belakang taman bisa tampak.

Sebagai pemanis, Anda bisa membuat parit dan meletakkan jembatan melengkung yang cantik. Batu kerikil atau split berwarna putih bisa ditaburkan ke dalam parit untuk menunjukkan bahwa parit itu berisi air.

Untuk memberi kesan suasana alami, beberapa batu yang berukuran sedikit besar bisa disisipkan di dekat “sungai” atau gerombolan tanaman.

Agar taman itu tampak hidup subur dan alami, seluruh permukaan tanahnya ditutupi lumut. Siram taman secara teratur dengan menggunakan semprotan halus, supaya komposisi taman tidak rusak. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara yang sama 2—3 minggu sekali.

Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Jika Ingin Tanaman Hias Kaktus Tumbuh dengan Cantik

Apakah Anda tertarik membuat mini garden untuk mempercantik tampilan rumah Anda?

loading...
loading...