Zat Pengatur Tumbuh agar Tanaman Lengkeng Matalada Lebih Rajin Berbuah

Pertanianku— Pertumbuhan tanaman lengkeng matalada dapat didukung dengan zat pengatur tumbuh (ZPT) agar berjalan lebih optimal. Namun, pemberian zat pengatur tumbuh tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus disesuaikan dengan fase pertumbuhan tanaman.

lengkeng matalada
foto: Pertanianku

Zat pengatur tumbuh hanya bersifat sebagai pemacu agar tanaman dapat tumbuh lebih baik, sedangkan kebutuhan nutrisinya masih tetap dipenuhi dari pupuk yang Anda berikan.

Tanaman lengkeng matalada yang ingin diberikan hormon harus mendapatkan pemupukan yang lebih banyak. Apabila pemberian hormon tidak diimbangi dengan pemupukan yang lebih banyak, pemberian tersebut akan percuma. Karena ibarat manusia, ZPT hanya bersifat sebagai perangsang nafsu makan, sedangkan kebutuhan nutrisinya tetap disuplai dari makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, perhatikan juga kondisi tanaman yang akan diberikan hormone. Pastikan tanaman tersebut sedang dalam kondisi sehat. Tanaman yang sedang sakit tidak bisa diberikan hormon perangsang karena penyakit tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman sehingga pemberian hormon akan menjadi sia-sia.

Zat pengatur tumbuh yang diberikan harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin Anda dapatkan. Hal ini karena ada hormon yang untuk daun dan ada juga untuk mempercepat pembuahan. Jangan sampai salah dalam memberikan jenis ZPT agar tujuan yang Anda inginkan dapat tercapai.

Pemberian hormon perangsang pertumbuhan daun dapat menyebabkan tanaman sudah mulai belajar berbuah lebih cepat, yakni sebelum berumur satu tahun. Kondisi tersebut disebabkan oleh pertumbuhan daun terjadi lebih cepat.

Sementara itu, ZPT pemacu buah diberikan pada tanaman yang sudah dewasa atau tanaman yang seharusnya sudah berbuah tapi tidak kunjung berbuah karena beberapa faktor. Zat pengatur tumbuh yang dapat digunakan ialah Golstar atau Patrol yang berbahan aktif paklobutrazol.

Tanaman lengkeng yang sudah dewasa dan tidak kunjung berbuah biasanya sering disebabkan oleh kesalahan pemeliharaan seperti terlalu sering dipangkas atau tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Dengan demikian, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemberian ZPT berbahan aktif paklobutrazol dengan memerhatikan pemberian pupuk dan manajemen pemeliharaan yang benar.

Baca Juga:  Karamunting, Buah yang Sering Dijadikan Tanaman Hias

Untuk kebutuhan bertanam lengkeng matalada, Anda bisa mendapatkannya di TokoTrubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan bibit lengkeng matalada berkualitas unggul.

Selain itu, tersedia pula beragam keperluan berkebun, mulai dari pot dan media tanam hingga pupuk dan pestisida. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat.