ZPT yang Bisa Digunakan untuk Pembuatan Bibit Cangkok

Pertanianku— Pembuatan bibit cangkok memerlukan perangsang untuk mempercepat pertumbuhan akar. Perangsang yang bisa digunakan adalah ZPT (zat perangsang tumbuh) atau hormon. Namun, penggunaan ZPT untuk cangkok tidak bisa dilakukan sembarangan.

zpt untuk cangkok
foto: pixabay

Konsentrasi ZPT yang terlalu tinggi atau berlebih dapat merusak bagian tanaman yang sedang terluka. Pada bagian tersebut akan terjadi pembelahan sel dan kalus yang berlebihan. Penggunaan yang berlebihan juga dapat menghambat pertumbuhan tunas dan akar. Sementara itu, jika konsentrasi ZPT yang digunakan untuk cangkok kurang, kerja ZPT tersebut menjadi tidak efektif sehingga tidak menimbulkan efek apa pun.

Sebenarnya, tanaman sudah secara alami memproduksi hormon untuk tumbuh, seperti rizokalin yang dapat merangsang pertumbuhan akar, kaulokalin untuk merangsang pertumbuhan batang, dan antokalin untuk merangsang pembungaan. Namun, jumlah hormon tersebut di dalam tanaman terbilang cukup sedikit.

Untuk memperlancar proses pencangkokan, diperlukan adanya penambahan ZPT untuk merangsang pembentukan akar menjadi lebih cepat. Batang cangkok yang diberikan ZPT sudah bisa dipotong setelah berumur 1—1,5 bulan pascapencangkokan. Sementara itu, batang cangkok yang tidak diberikan ZPT baru bisa dipotong setelah tiga bulan pascapencangkokan.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah jenis ZPT yang digunakan. Ada banyak jenis ZPT yang dijual di pasaran. Tiap jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis ZPT yang sesuai untuk mencangkok. Jangan sampai ZPT yang Anda gunakan adalah ZPT untuk merangsang pembuahan.

Asam Indol Butirat (AIB) merupakan hormon yang cocok digunakan untuk merangsang aktivitas perakaran karena mengandung zat kimia yang lebih stabil dan lebih tahan lama.

AIB berbentuk kristal dan bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko pertanian atau bahan kimia. AIB bisa langsung diberikan pada cabang yang dicangkok untuk mempercepat proses pembentukan akar.

Baca Juga:  Kriteria Bibit Jamur Tiram Berkualitas

AIB bisa diberikan dalam bentuk pasta (AIB dicampur lanolin), larutan (AIB dicampur alkohol 95 persen, atau powder (AIB dicampur talk). Namun, jika Anda takut salah dalam penggunaannya, biasanya di toko pertanian sudah ada ZPT yang siap pakai, yaitu Rootone F yang berbentuk pasta atau Atonik yang berbentuk cair. Anda bisa mendapatkan Atonik di Toko Trubus yang menyediakan sarana produksi pertanian terlengkap.