ZPT yang Membuat Pohon Rajin Berbuah

PertaniankuZPT atau zat pengatur tumbuh dapat memengaruhi aktivitas jaringan berbagai organ ataupun sistem organ tanaman. Pada dasarnya, ZPT tidak memberikan unsur hara kepada tanaman karena bukan merupakan pupuk. Tugas zat pengatur tumbuh ini adalah mengatur proses biologis pada pohon seperti pembelahan dan pemanjangan sel.

ZPT
foto: Pertanianku

Sebenarnya, ZPT sudah diproduksi secara alami oleh tanaman itu sendiri. Namun, dengan kemajuan teknologi, zat perangsang tumbuh tersebut bisa dibuat tiruannya.

Zat perangsang tumbuh juga sering disebut sebagai hormon sintetik kerap digunakan untuk merangsang pohon rajin berbuah. Namun, tidak semua jenis hormon sintetik ini bisa digunakan untuk merangsang buah. Sebab, ada beberapa jenis hormon yang berfungsi untuk pertumbuhan daun bunga, ranting, dan buah.

Pemberian zat perangsang tumbuh tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu memilih jenis zat pengatur tumbuh yang sesuai dengan tujuannya. Berikut ini ada beberapa jenis ZPT yang cocok digunakan untuk merangsang pohon agar rajin berbuah.

Atonik

Atonik dapat berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman sehingga daya serap unsur hara menjadi lebih meningkat, pertumbuhan daun berjalan lebih cepat, serta pembentukan bunga dan buah berjalan dengan baik. Penggunaan atonik dapat meningkatkan jumlah dan bobot buah yang dihasilkan.

Dekamon 22,43 L

Dekamon berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan tunas-tunas baru, mencegah terjadinya kerontokan bunga dan buah, serta meningkatkan kuantitas dan kualitas buah yang dihasilkan. ZPT ini sangat baik digunakan pada tanaman apel dan cabai merah.

Ethrel 40 PGR

Ethrel 40 PGR mengandung etefon dan berkhasiat untuk meningkatkan hasil pohon buah apel, nanas, dan pisang. ZPT ini bagus digunakan untuk tanaman hortikultura dan perkebunan.

Sitozim

Sitozim berkhasiat menyeragamkan pertumbuhan bunga tanaman sehingga hasil panen bisa diambil secara serempak. Khasiat lain dari sitozim adalah meningkatkan mutu buah.

Baca Juga:  Kiat Membuat Tanaman Buah Tin Rajin Berbuah

Florita

Florita sering digunakan untuk mempercepat dan meningkatkan produksi tanaman hortikultura.

Dharmasi 45 EC

Dharmasi 45 EC mengandung zat aktif yang bernama triakontanol yang berkhasiat untuk meningkatkan hasil dan bobot buah tanaman.