Menghadirkan Kekayaan Biodiversity dalam Hidangan Buatan Chef Terbaik

Pertanianku — Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau Indonesia menyimpan sejuta potensi alam. Keanekaragaman hayati dan nonhayati membentuk suatu kesatuan yang sering disebut sebagai biodiversity. Biodiversity meliputi keanekaragaman genetik, spesies, budaya, dan ekosistem.

biodiversity
foto: pertanianku

Pengertian biodiversity sendiri merupakan keragaman antara makhluk hidup yang berasal dari beragam sumber. Sejak dahulu Indonesia dikenal sebagai negara yang dikarunai keanekaragaman hayati serta struktur geografi yang tinggi. Oleh karena itu, tidak jarang Indonesia mendapatkan sebutan sebagai negara megabiodiversity.

Iklim tropis yang dimiliki Indonesia, membuat berbagai macam flora dan fauna dapat tumbuh dengan baik. Flora dan fauna yang berkembang di Indonesia terdiri atas berbagai macam genetik, spesies, serta ekosistem.

Loading...

Secara general bidoversity dibagi menjadi tiga tingkatan, yaiu keanekaragaman gen, keanekaragaman ekosistem, dan keanekaragaman spesies. Keanekaragaman gen menciptakan berbagai variasi antara makhluk hidup yang memiliki satu spesies yang sama. Keanekaragaman gen dapat dilihat dari berbagai macam varietas padi unggulan yang sudah dimiliki oleh Indonesia seperti rojolele, kapuas, cianjur, dan berbagai macam varietas padi unggulan lainnya.

Keanekaragaman spesies dapat terlihat jelas dengan kedua mata. Spesieslah yang membedakan antara satu dan yang lain seperti spesies ayam, bebek, dan burung.

Sementara, keanekaragaman ekosistem melingkupi seluruh interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Indonesia pun memiliki beragam ekosistem yang dapat menunjang pertumbuhan berbagai macam spesies.

Seluruh kekayaan ini dapat bermanfaat untuk segala aspek. Salah satu hasil kekayaan tersebut dapat berbentuk hasil pangan dan tanaman sayuran yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Tentunya, menjadikan bahan pangan dan tanaman sayuran tersebut dapat diolah menjadi makanan berkualitas yang kaya nutrisi.

Pada event Trubus Agro Expo yang berlangsung pada 29 November hingga 1 Desember 2019 nanti akan diadakan sebuah demo dengan tajuk Creating Biodiversity on The Table yang menampilkan pengolahan kekayaan ragam biodiversity terutama pada jenis pangan dan tanaman sayuran. Demo tersebut akan dibawakan langsung oleh chef profesional. Demo akan berlangsung pada 1 Desember 2019 pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB.

Baca Juga:  Ekspor Produk Peternakan 16 Kontainer Berjalan Sukses
Loading...
Loading...