Jenis Ayam yang Bisa Bersanding dengan Ikan Gurami pada Mina Ayam

Pertanianku Mina ayam atau longyam (balong ayam) merupakan salah satu metode budidaya yang sering diterapkan untuk membudidayakan ikan bersamaan dengan ayam. Salah satu jenis ikan yang bisa dibudidayakan dengan metode ini adalah gurami. Pada sistem ini, ayam dipelihara di atas kolam ikan, nantinya kotoran ayam dan sisa pakan akan jatuh ke kolam sebagai pupuk organik untuk kolam dan pakan ikan.

mina ayam
foto: Pertanianku

Sistem budidaya ini digadang-gadang mampu menghemat pemberian pakan serta penggunaan pupuk pada saat pengelolaan lahan dan pemberian pupuk susulan. Pada dasarnya ada banyak jenis ayam yang cocok disandingkan dengan ikan gurami. Akan tetapi, jenis ayam yang populer dibudidayakan dengan sistem ini adalah ayam ras petelur, ayam ras pedaging, dan ayam kampung pedaging.

Ayam ras petelur

Ayam ras petelur umumnya sudah siap bertelur setelah berumur 16 minggu dengan masa produktif selama 60 minggu. Jadi, masa pemeliharaan ayam petelur bisa berlangsung selama 1 tahun 3 bulan. Ayam yang sudah tidak produktif harus segera diganti dengan ayam baru. Kandang dapat dibuat dengan sistem postal atau baterai.

Ayam pedaging

Ayam pedaging yang dipelihara di atas kolam gurami biasanya memiliki umur pemeliharaan hingga panen selama 5–6 minggu dengan berat ayam 2 kg per ekor. Pemeliharaan ayam pedaging di atas kolam gurami lazimnya dilakukan dalam skala yang besar, yakni hingga ribuan ekor. Kandang dapat dibuat permanen dengan umur teknis dan ekonomi minimal 5 tahun.

Ayam kampung

Ayam kampung tergolong lebih mudah dipelihara dibanding kedua jenis ayam sebelumnya. Akan tetapi, ayam kampung masih jarang diternakkan dalam skala besar. Artinya, ayam kampung lebih sering diternakkan dalam skala rumah tangga. Keuntungan lainnya, ayam kampung bisa dijadikan sebagai ayam petelur dan pedaging.

Baca Juga:  Keunggulan Domba Suffas untuk Hewan Kurban

Waktu pemeliharaan ayam kampung relatif lebih lama dan tidak memerlukan obat-obatan. Hal tersebut karena ayam kampung lebih tahan terhadap penyakit dibanding ayam ras. Meski demikian, kebersihan dan kesehatan ayam kampung harus diperhatikan. Di antara beberapa jenis ayam yang dapat diternakkan, kolam gurami lebih sering dikombinasikan dengan pemeliharaan ayam kampung.