Kenalan dengan Giant Flemish, Kelinci Terbesar di Dunia


Pertanianku — Kelinci menjadi salah satu hewan yang banyak dipilih sebagai hewan peliharaan selain kucing dan anjing. Ada berbagai jenis kelinci yang biasa dipelihara seperti kelinci angora, kelinci lop, atau kelinci rex. Namun, pernahkah Anda tahu tentang kelinci Giant Flemish?

Giant Flemish
Foto: Pixabay

Kelinci-kelinci di dunia memiliki ukuran yang beragam. Bahkan, kelinci jenis Netherland Dwarf menjadi jenis kelinci kerdil yang beratnya hanya sekitar 900 sampai 1.000 gram. Nah, kalau kelinci Netherland Dwarf memiliki ukuran yang sangat kecil, ada juga kelinci yang memiliki ukuran sangat besar atau raksasa.

Dia adalah Giant Flemish Rabbit atau kelinci raksasa Flemish, kelinci domestik yang bisa tumbuh hingga lebih dari 50 sentimeter dengan berat mencapai 10 kilogram. Kelinci Flemish berasal dari Flanders, yang merupakan salah satu wilayah Kerajaan Belgia dan pertama kali ditemukan sekitar abad ke-16.

Sejarah mengenai kelinci Flemish ini menuliskan kalau kelinci Flemsih dibawa oleh para pedagang yang baru kembali dari Flanders menuju Prancis pada 1860. Awalnya, kelinci Flanders dimanfaatkan bulu dan dagingnya untuk makanan para pedagang dan pelancong selama perjalanan menggunakan kapal. Hal ini kemudian membuat kelinci Flemish juga banyak diperjualbelikan.

Namun ternyata, kelinci Flemish memiliki ukuran tulang yang besar dan juga memerlukan banyak makanan, maka kelinci Flemish tidak lagi dijual untuk diambil dagingnya. Akhirnya, kelinci Flemish menjadi hewan domestik atau hewan peliharaan dengan ukuran paling besar.

Kelinci raksasa Flemish ini memiliki karakter yang ramah dan jinak, tapi karena ukurannya yang sangat besar, untuk memeliharanya juga dibutuhkan perawatan khusus. Salah satu hal yang paling penting jika Anda ingin memelihara kelinci Flemish, tentunya harus menyiapkan kandang atau tempat yang lebih besar.

Baca Juga:  Cara Paling Tepat Memandikan Ayam Bangkok

Selain itu, memiliki tubuh yang besar juga berarti Anda harus sering mengajak kelinci Flemish bermain-main di luar ruangan. Selain agar kelinci tidak stres, mengajak kelinci bermain di luar ruangan uga bisa menyalurkan energinya. Untuk makanannya sendiri, sebenarnya sama dengan kelinci lainnya, hanya saja jumlah untuk kelinci Flemish pasti lebih banyak.

Jenis kelinci Flemish ini terdiri atas 7 warna berbeda dan diakui oleh The National Federation of Flemish Giant Rabbit Bredeers atau organisasi yang berfokus pada pengembangbiakan kelinci Flemish. Warna kelinci Flemish tersebut, yaitu hitam, biru, cokelat kekuningan, putih, abu-abu muda, abu-abu tua, dan warna cokelat pasir.