Kiat Meminimalisir Tingkat Birahi Burung Kicau yang Tinggi

Pertanianku — Saat ini persaingan burung kicau di arena kontes semakin ketat dan kian panas. Hanya burung yang benar-benar siap yang dapat menjadi pemenang di berbagai arena. Ada banyak rangkaian kegiatan yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan burung ikut kontes, salah satunya meminimalisir tingkat birahi burung kicau saat sedang tinggi.

tingkat birahi burung kicau
foto: Pertanianku

Tingkat birahi burung kicau yang meningkat menjadi salah satu permasalahan yang ditakuti oleh kicau mania. Ketika hal ini hadir, burung bisa menjadi galak. Jika kondisi tersebut terjadi, kemungkinan besar penampilannya akan rusak total. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk meminimalisir kondisi tadi.

Melansir dari buku Top 10 Burung Ocehan, tingkat birahi dapat dikendalikan dengan mengembunkan burung setiap pagi hari. Pengembunan ini tidak hanya ditujukan untuk burung yang birahinya sedang meningkat, tetapi juga pada burung dengan karakter fighter seperti murai batu dan kacer.

Pengembunan yang dilakukan secara rutin bisa menetralisir tingkat birahi yang berlebihan sekaligus membuat suara kicau burung terjaga tetap baik. Selain itu, burung bergairah untuk terus berkicau.

Waktu yang tepat untuk melakukan pengembunan adalah menjelang subuh. Namun, bila kondisi lingkungan kondusif, pengembunan bisa dilakukan sejak malam. Selama proses pengembunan, burung kicau didampingkan dengan burung pemaster.

Proses pengembunan bisa dilakukan di teras rumah atau tempat terbuka (tempat yang sama ketika burung dijemur pada siang hari). Ada beberapa kicau mania yang kerap melakukan pengembunan dengan mengerek sangkarnya layaknya burung perkutut. Apa pun perlakuannya, yang terpenting selama pengembunan burung aman dari gangguan.

Masih banyak persiapan lain yang perlu diberikan pada calon burung kicau juara. Selain itu, perlu diantisipasi permasalahan yang kerap muncul pada burung-burung kicau yang akan dikonteskan. Buku Top 10 Burung Ocehan mengulas seluruh pembahasan tersebut secara jelas dan mudah dipahami. Selain itu, terdapat pembahasan mengenai breeding burung ocehan dan cara merawat 10 jenis burung ocehan populer.

Baca Juga:  Alasan di Balik Pentingnya Merawat Kuku Kuda Secara Rutin

Anda bisa mendapatkan buku Top 10 Burung Ocehan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.