Mengenal Jenis Ikan yang Mudah Dibudidayakan

Pertanianku — Jenis ikan yang mudah dibudidayakan sangatlah banyak. Mulai dari ikan air tawar, ikan air payau, sampai ikan air laut. Jenis ikan ini pun tak terbatas pada ikan saja, tetapi beberapa hewan air lainnya seperti udang, lobster, dan kepiting.

ikan yang mudah dibudidayakan
Foto: pixabay

Berdasarkan buku Kiat Sukses Pembenihan & Pembesaran 13 Ikan Konsumsi di Lahan Sempit yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya, setidaknya ada 13 jenis ikan konsumsi yang bisa dibudidayakan. Selain karena jenis ikan tersebut diminati konsumen, proses budidayanya pun lebih mudah. Jenis ikan tersebut sebagai berikut.

Ikan mas


Loading...

Ikan mas memiliki prospek yang baik dalam bisnis budidaya perikanan. Jenis ikan ini sudah banyak dikenal dan dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan olahan yang umum dikonsumsi masyarakat.

Kelebihan ikan mas adalah mudah pemeliharaannya. Ikan mas bisa hidup di ketinggian 150—1.000 mdpl. Jenis ikan mas yang biasa dibudidayakan adalah jenis tombro, punten, ikan mas kuning, si nyonya, dan majalaya.

Ikan lele

Sama seperti ikan mas, lele juga sangat luas dikonsumsi masyarakat Indonesia. Lele sendiri sangat mudah dibudidayakan dan termasuk ikan yang banyak terdapat di perairan umum. Anda bisa menjumpai ikan berpatil ini di sungai, rawa, waduk, dan perairan lainnya.

Ikan bawal

Berasal dari Amerika Selatan, bawal cukup populer di Indonesia sebagai ikan konsumsi air tawar yang mudah dibudidayakan. Tidak banyak yang tahu bahwa dulunya ikan bawal merupakan ikan hias. Namun karena rasanya yang lezat, ikan bawal banyak dikonsumsi. Ikan bawal memiliki daging berwana putih. Rasanya gurih dan serat daging ikan bawal cukup halus.

Ikan nila

Sering dikira ikan mujair, nila sebenarnya memiliki perbedaan yang kasat mata. Sirip ekor ikan nila memiliki garis-garis tegak, sedangkan mujair tidak. Ikan nila memang tidak semahal ikan mujair, tetapi konsumsinya lebih sering sehingga cukup menjanjikan sebagai peluang usaha budidaya ikan konsumsi.

Baca Juga:  Racik Sendiri Pakan Lele Alternatif

Ikan nila sendiri ada beberapa jenis. Ada ikan nila hitam, merah, gift, nila nirwana, dan nila gesit. Ikan tersebut merupakan hasil perkawinan silang beberapa jenis yang berbeda.

 

Loading...
Loading...