Permasalahan Peternakan Ayam yang Kerap Muncul Saat Musim Pancaroba

Pertanianku Musim pancaroba dapat menyebabkan permasalahan pada peternakan ayam jika tidak ditangani dengan baik, bahkan dampak yang ditimbulkan bisa menjadi dua kali lipat dari musim kemarau atau musim hujan. Pancaroba adalah perubahan cuaca yang dapat menyebabkan tingkat kelembapan tinggi dan perbedaan suhu yang cukup ekstrem antara malam dan siang hari. Berikut ini permasalahan yang kerap muncul saat musim pancaroba.

musim pancaroba
foto: Pertanianku

Kualitas pakan menurun

Tingkat kelembapan tinggi yang sering terjadi pada musim pancaroba dapat menyebabkan pakan ayam rusak karena berjamur atau terkena air hujan. Pakan yang sudah tidak bagus tidak bisa diberikan ke ayam karena bisa menyebabkan berbagai penyakit pencernaan. Akhirnya, pakan tersebut menjadi sia-sia dan peternak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli pakan yang baru.

Kualitas air minum menurun

Bukan hanya kualitas pakan yang menurun, melainkan kualitas air juga ikut menurun karena adanya pencemaran bakteri E. coli yang dapat memicu kasus collibasilosis. Pada masa pancaroba, debit air berkurang sehingga konsentrasi bakteri E. coli dan Salmonella sp. meningkat.

Ayam lebih rentan terserang penyakit

Pada musim pancaroba jumlah bibit penyakit meningkat. Kondisi ayam yang stres menyebabkan bibit penyakit mudah menginfeksi. Akibat lebih jauh yang dapat ditimbulkan adalah ayam yang sakit bisa menularkan penyakit ke ayam lain yang justru bisa memicu terjadinya outbreak penyakit tertentu. Selain itu, pada musim pancaroba terjadi peningkatan jumlah partikel debu.

Partikel debu merupakan media penyebaran E. coli yang dapat menyebabkan infeksi sekunder pada saluran pernapasan yang masuk ke tubuh ayam saat panting (megap-megap) karena heat stress.

Perkembangan DOC kurang maksimal

DOC dapat mengalami stres karena musim pancaroba. Pada minggu awal, secara fisiologis terjadi proses penyerapan kuning telur yang tidak sempurna sehingga kekebalan tubuhnya rendah. Akibatnya, pertumbuhan DOC kurang optimal, tentu saja kondisi ini tidak bagus untuk kelanjutan usaha peternakan ayam.

Baca Juga:  Jurus Jitu Menjaga Kesehatan Domba agar Tetap Prima

Memicu imunosupresif

Pada musim pancaroba, ayam lebih mudah terserang penyakit dan stres. Kondisi stres dapat menyebabkan respons kekebalan tubuh terhadap vaksinasi menjadi tidak berhasil.