Saat Ramadhan Permintaan Ikan Cupang Meningkat

Pertanianku – Permintaan ikan cupang pada bulan Ramadhan melonjak drastis dibandingkan hari-hari biasa, bisnis tersebut menjadi andalan bagi pembudidaya ikan hias di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Saat Ramadhan Permintaan Ikan Cupang Meningkat

“Pada Ramadan ini omzet penjualan ikan cupang dibandingkan ikan hias lainnya melonjak hingga 300 persen lebih,” ungkap pengurus pecinta cupang Sukabumi, Maulana seperti dilansir Okezone (8/6).

Loading...

Menurut Maulana dalam sehari ia bisa menjual cupang hingga seribu ekor. Baik yang dibeli dari para penjual ikan cupang eceran hingga anak-anak. Harganya pun berkisar Rp1.000 hingga Rp500 ribu tergantung kualitas dan jenis ikan yang dikenal mempunyai warna sirip yang indah ini.

Tingginya permintaan dari konsumen, dikarenakan sudah menjadi kebiasaan warga Sukabumi membeli cupang pada Ramadan ini sekaligus sambil ngabuburit atau menunggu waktu buka puasa.

Di hari biasa, penghasilan dari penjualan ikan cupang yang bisa menjadi hiasan atau aduan ini hanya Rp500.000, tetapi pada Ramadan ini omzet kotornya bisa mencapai Rp1,5 juta.

“Kebanyakan cupang yang dibeli merupakan kualitas nomor dua yang harganya Rp3.000 hingga Rp25.000/ekor, karena untuk kualitas kontes maupun juara biasanya dibeli oleh kalangan tertentu seperti penghobi,” ucap Maulana.

Sementara, Penjual ikan cupang lainnya, Oha mengatakan dirinya sudah 30 tahun berjualan ikan cupang. Di hari biasa ia biasanya keliling menjual ikan hias ini ke setiap sekolah maupun mangkal di dekat rumahnya.

Namun, pada Ramadan, Oha memilih menjual ikannya ini di Alun-Alun, Kecamatan Cisaat karena banyak pembeli yang berdatangan sendiri. Saat hari biasa omzetnya hanya Rp100.000/hari, tetapi pada Ramadan Oha dapat maraup omzet jualannya mencapai Rp300.000 hingga Rp500.000/hari.

“Penjualan ikan cupang tidak pernah surut, karena setiap tahun pecintanya semakin banyak dan harganya pun tidak pernah turun tetapi naik, sehingga dengan menjual ikan ini sudah bisa menghidupi keluarga selama puluhan tahun,” ujar Oha.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, Abdul Kodir menambahkan pihaknya terus mendorong produksi ikan hias di Kabupaten Sukabumi yang salah satunya ikan cupang.

Ikan jenis petarung ini permintaannya tidak pernah surut bahkan menjadi salah satu andalan daerah ini untuk ekspor.

Loading...
Loading...