Teknik Tepat Budidaya Talas Bogor


Pertanianku – Talas merupakan salah satu jenis tanaman keluarga umbi-umbian yang tumbuh subur di Indonesia. Talas sendiri juga terkenal sebagai salah satu bahan pangan. Saat ini budidaya talas bogor semakin banyak dilakukan. Di sebut talas bogor karena tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah Bogor.

Teknik Tepat Budidaya Talas Bogor

Untuk memulai budidaya talas bogor, berbagai persiapan haruslah dilakukan demi proses yang sesuai dengan harapan dan hasilnya pun melimpah. Anda lebih baik mempelajarinya satu per satu supaya tidak ada kesalahan dalam budidaya talas bogor yang ingin Anda rintis. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk memulai budidaya talas.

Talas tidak hanya digunakan sebagai salah satu bahan pangan, tetapi juga bisa digunakan sebagai obat dan pakan ternak. Itulah sebabnya mengapa tanaman yang satu ini banyak disukai. Semua bagian talas dapat bermanfaat.

Budidaya talas bogor terbilang cukup menggiurkan. Perawatan tanaman yang satu ini pun tergolong cukup mudah. Selain itu, talas dapat tumbuh dengan subur di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia dengan ketinggian 0—1.300 meter di atas permukaan air laut. Berikut teknik tepat budidaya talas bogor.

  1. Pembibitan

Untuk memulai budidaya talas bogor, hal pertama yang harus dilakukan adalah pembibitan tanaman talas. Pembibitan biasanya menggunakan anakan atau tunas dari tanaman sebelumnya. Sebaiknya, yang digunakan untuk bibit adalah anakan kedua atau ketiga dan sudah berumur 5—7 bulan. Pindahkan anakan dari pohon induk kemudian didiamkan di tempat yang lembap sebelum ditanam.

  1. Pengolahan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk budidaya talas bogor harus diolah terlebih dahulu dengan cara membersihkannya dari gulma kemudian digemburkan. Setelah tanah gembur, lalu dibuat bedengan dan pemberian pupuk dasar.

  1. Penanaman
Baca Juga:  Luas Panen Padi di Wilayah Ini Ditargetkan 4.000 Hektare pada Oktober

Setelah lahan siap, bibit talas langsung bisa ditanam di lahan dengan jarak tanam 75 × 75 cm dan dengan kedalaman 30 cm. Jarak tanam bisa disuaikan dengan kondisi lahan dan musim saat tanam. Penanaman yang baik biasa dilakukan pada saat awal musim penghujan. Cara menanamnya tinggal menaruh bibit umbi di lubang, kemudian timbun dengan tanah sekitar 7 cm.

  1. Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman talas bogor terbilang cukup mudah. Yang perlu dilakukan pertama-tama adalah penyiangan. Penyiangan dilakukan agar tanaman terbebas dari gangguan gulma. Selain penyiangan, juga harus dilakukan pemupukan. Pemupukan dilakukan selama 4 kali. Tahap pertama pada saat pengolahan tanah, kedua saat tanaman berumur 1 bulan, ketiga saat tanaman berumur 3 bulan, dan terakhir saat berumur 5 bulan. Selain itu, harus diperhatikan masalah penyiraman dan pengairan. Ini karena talas membutuhkan tempat yang lembap.

  1. Masa panen

Talas sudah bisa dipanen saat berusia 4 bulan—1 tahun setelah masa tanam. Cara memanen talas sama seperti umbi lain, yakni dengan menyingkirkan pohon dan menggali tanah tempat umbi.

loading...
loading...