Tips Mencegah Penyakit di Kandang Ayam yang Kerap Timbul Saat Perubahan Cuaca

Pertanianku — Perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya memang menjadi masalah bagi para peternak karena saat itu banyak penyakit ayam yang bisa menyerang secara tiba-tiba. Oleh karena itu, Anda perlu bersiap-siap untuk menghadapi kondisi yang kurang baik. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa mencegah penyakit ayam saat pergantian cuaca.

penyakit ayam
foto: Pertanianku

Persiapan kandang

Benahi atap yang bocor karena dikhawatirkan air dapat masuk ke kandang dan membuat tingkat kelembapan menjadi tinggi. Perhatikan juga saluran air dan air minum. Pastikan saluran air tidak terhambat oleh apa pun sehingga aliran air lancar.

Perhatikan kondisi gudang karena gudang harus tetap berada dalam kondisi kering. Gudang yang basah dapat menurunkan mutu pakan sehingga pakan menjadi tidak layak diberikan pada ayam.

Volume hujan yang tinggi menyebabkan permukaan air meningkat hampir mendekati permukaan tanah. Jika sumber air dekat dengan tempat pembuangan, sebaiknya berikan klorin terlebih dahulu ke dalam air minum. Jangan lupa untuk membersihkan lingkungan di sekitar kandang, seperti memotong rumput dan semak-semak serta membersihkan kotoran ayam.

Kesesuaian manajemen

Manajemen pemeliharaan yang harus dilakukan adalah biosekuriti, manajemen pakan, dan manajemen litter. Pastikan semua barang dan alat serta lingkungan di sekitar peternakan sudah disanitasi dengan baik. Petugas yang masuk ke kandang harus mengikuti sistem biosekuriti yang baik dan terkontrol.

Jangan terlalu lama menyimpan pakan di dalam gudang. Anda perlu memperhitungkan kondisi gudang, apalagi saat musim hujan. Jaga kondisi litter agar tetap kering. Litter yang basah harus segera diganti.

Persiapkan petugas di dalam kandang

Petugas yang bekerja di dalam kandang harus pandai menangani kasus yang sifatnya mendadak, seperti serangan penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu mengoptimalkan kemampuan petugas agar mampu mengontrol kondisi selama masa brooding¸ kondisi atap, saluran air, kondisi gudang, dan kondisi lingkungan yang kurang bersahabat. Petugas yang sudah andal akan tahu harus berbuat apa ketika ada kondisi darurat yang terjadi secara tiba-tiba.

Baca Juga:  Kunci Keberhasilan Perkawinan Sapi agar Bunting