Aneka Olahan Cabai yang Dapat Menjadi Peluang Bisnis

Pertanianku — Saat ini produk olahan cabai sudah mulai dilirik oleh banyak orang. Produk olahan cabai dinilai lebih mudah digunakan dan bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Sebagian besar orang Indonesia menyukai sensasi pedas yang diciptakan oleh cabai. Itu sebabnya produk olahan cabai terbilang cukup laris.

olahan cabai
foto: pertanianku

Olahan cabai yang paling terkenal adalah bubuk cabai, abon cabai, dan cabai kering. Masih ada beberapa produk olahan lainnya yang bisa Anda buat dari cabai, simak ulasan berikut ini.

Cabai kering

Cabai kering merupakan salah satu solusi mengawetkan cabai saat hasil panen sedang melimpah. Meski kondisi fisik cabai sudah mengering, tingkat kepedasan cabai tidak berkurang terlalu jauh. Di Sumatera, cabai kering lebih disukai karena rasa pedas cabai terbilang lebih tajam.

Cabai kering lebih sering digunakan sebagai pelengkap saus, sup, dan hidangan lainnya. Ada cabai merah yang dimemarkan kasar atau dibuat menjadi bubuk.

Bubuk cabai

Bubuk cabai terbuat dari cabai merah yang sudah dikeringkan dengan oven. Cabai kering tersebut digiling dengan hammer mill atau blender hingga halus. Hasil penggilingan tersebut sudah bisa langsung digunakan atau disimpan di dalam wadah plastik yang tertutup rapat.

Abon cabai

Abon cabai dapat menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan karena produk olahan ini bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama dan sudah populer. Bahan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya cabai rawit, bawang putih, bawang merah, ikan teri, penyedap rasa, gula pasir, dan garam.

Cabai yang akan dijadikan abon harus dikeringkan terlebih dahulu. Sebelum dikeringkan, cabai dikukus terlebih dahulu, khusus untuk cabai rawit tidak perlu dikukus. Setelah cabai mengering, cabai diblender dengan bawang putih, bawang merah, gula, garam, dan penyedap rasa.

Baca Juga:  Tumpas Asam Urat dengan Jagung

Acar cabai

Acar cabai terbuat dari cabai rawit, cabai hijau, atau cabai merah. Bahan-bahan yang Anda butuhkan cukup mudah, hanya berupa garam, gula, dan cuka. Cara pembuatan acar cabai relatif mudah, Anda hanya tinggal mencampur seluruh bahan dengan air panas, kemudian kemas acar ke dalam botol. Tambahkan larutan pickling dan pasteurisasi kemasan acar cabai.