Buah Tin Ungu, Pohon Buah Cantik nan Mahal Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah

Pertanianku — Buah tin merupakan tanaman buah bersemak dan berkayu. Tahukah Anda bahwa buah tin disebut sebagai buah semu karena yang sering dikonsumsi oleh manusia bukan buah sejati, melainkan bagian bunga yang terdiri atas ratusan tangkai sari dan putik. Buah tin ungu berbentuk seperti pir dengan ukuran yang cukup besar, panjang 6,35 cm dan lebar 3,8 cm. Pohon buah cantik ini bisa ditanam di pekarangan rumah.

buah tin ungu
foto: pertanianku

Sebenarnya, bentuk pohon buah tin tidak begitu spesial, helai daunnya menjari, ukurannya sebesar bola pingpong, ada juga yang bentuknya lonjong dan bulat. Warna daunnya sangat bervariasi, mulai dari hijau hingga ungu, bergantung pada varietas yang Anda tanam. Varietas buah tin ungu memiliki daun yang menjari tiga dan mengilap.

Tanaman ini memiliki nilai jual yang tinggi, bukan dari bentuk tanamannya, melainkan dari kelangkaannya.

Loading...

Rasa serta aroma buah tin mirip dengan jambu biji. Buahnya bertekstur empuk, rasanya keset dan cukup manis, serta aromanya harum. Buah tin juga mengandung air dan berbiji kecil yang sangat banyak. Buah ini bisa memberikan sensasi menyenangkan ketika berada di dalam mulut.

Buah tin sering disajikan sebagai jus buah, campuran puding, isi kue manis, manisan kering, dan dikalengkan dengan sirup gula.

Kandungan pectin dalam buah ini sangat tinggi sehingga cocok dijadikan bahan baku pembuatan selai, jelly, atau marmalade yang lezat dengan aromanya yang semerbak.

Selain langka, buah ini menganudng zat sejenis alkalin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan keasaman pada tubuh, mengobati luka luar, merangsang pembentukan hemoglobin darah, dan mengandung kadar glukosa yang tinggi tetapi tidak akan menyebabkan diabetes.

Buah ini sangat kaya akan manfaat dan disukai juga oleh binatang seperti kelelawar, monyet, dan burung.

Baca Juga:  Trik Mempertahankan Rasa Manis Jambu Air Khiojok

Di antara jenis buah tin yang ada, rasa buah tin ungu memiliki rasa yang paling lezat. Daging buahnya berwarna merah tua dan kulitnya nyaris terlihat berwarna hitam.

Buah tin ungu sangat cocok dijadikan tanaman buah dalam pot karena memiliki sosok tanaman yang tegak, kokoh, dan cenderung kerdil. Ukuran tanaman yang tidak terlalu besar bisa memudahkan Anda saat melakukan perawatan pohon.

 

 

 

 

Loading...
Loading...