Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kambing Baru Sampai di Kandang

Pertanianku Bibit kambing untuk usaha penggemukan bisa didapatkan dari hasil pembibitan sendiri ataupun membelinya di pasar dan pembibit lain. Bibit yang didapatkan dari tempat lain ketika baru sampai di kandang harus mendapatkan perawatan khusus. Kambing yang baru tiba perlu ditempatkan di dalam kandang khusus selama 2–3 hari untuk memudahkan proses monitoring. Kambing tersebut harus dikontrol kondisi kesehatannya.

bibit kambing
foto: pertanianku

Tindakan lain yang harus diberikan kepada bibit kambing adalah pemberian obat antistres, obat cacing dan vitamin, memandikan kambing, memotong kuku, serta pencukuran bulu dan pemberian tanda pengenal.

Pemberian air gula, obat antistres, dan vitamin

Ternak yang baru datang sebaiknya diistirahatkan terlebih dahulu dengan cara diberikan pakan dan minum. Ternak dapat diberikan air gula dengan cara mencampur gula pada air minumnya. Pemberian air gula berfungsi meningkatkan energi agar kondisi kambing cepat pulih. Selanjutnya, kambing perlu diberikan obat-obatan dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh kambing serta menghilangkan stres akibat perjalanan.

Pencukuran, pemotongan kuku, dan mandi

Ternak harus dibersihkan untuk mencegah penyakit. Sebelum memasuki periode penggemukan, kambing sebaiknya dimandikan dengan sabun dan sikat sehingga kotoran dan kutu yang menempel dapat hilang dengan memotong kuku dan bulu kambing. Begitu pun dengan kuku, kuku yang kotor dapat menimbulkan datangnya penyakit.

Pemberian tanda pengenal atau penomoran

Untuk memudahkan penanganan pada masa penggemukan, kambing perlu diberikan tanda pengenal atau penomoran terlebih dahulu. Tanda pengenal yang biasa digunakan adalah kalung nama yang diikatkan pada leher atau ear tag yang dilekatkan pada telinga kambing. Sementara itu, untuk penomoran ternak pada pemeliharaan secara individual bisa dilakukan pada kandang individu untuk mengurangi biaya produksi.

Baca Juga:  Khasiat Madu Itama

Vaksinasi

Program vaksinasi harus dilakukan dengan dokter hewan atau petugas dari dinas kehewanan setempat. Pasalnya, setiap jenis penyakit memiliki cara penanganan vaksinasi yang berbeda-beda. Agar proses vaksin berlangsung dengan aman dan berhasil, program ini perlu dilakukan di bawah pemantauan tenaga ahli. Vaksinasi sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh kambing.