Kunci Keberhasilan Usaha Penggemukan Sapi Potong

Pertanianku — Usaha penggemukan sapi potong perlu dilakukan dengan strategi yang tepat agar dapat mendatangkan keuntungan. Salah satu bagian penting dari kegiatan usaha penggemukan ini adalah prosedur rutin harian yang harus dilakukan secara berkala mulai dari datangnya bakalan ke kandang hingga sapi siap dipanen.

penggemukan sapi
foto: Pertanianku

Kegiatan rutin dalam penggemukan sapi adalah memberikan pakan dan menjaga kesehatan sapi serta kebersihan sapi dan kandang. Seluruh kegiatan tersebut harus dilakukan sesuai dengan perkembangan umur sapi agar dapat memacu pertambahan bobot yang ditargetkan. Selain itu, Anda juga harus rutin menjaga kesehatan sapi agar tidak terserang penyakit.

Berikut ini kegiatan rutin pada usaha penggemukan sapi potong dari hari ke hari yang dijelaskan di dalam buku Penggemukan Sapi Potong Hari per Hari.

Minggu pertama

Pada mingggu pertama, sapi bakalan yang baru datang langsung ditimbang untuk mengetahui bobot awal. Mengetahui bobot awal berfungsi untuk menentukan jumlah ransum. Selanjutnya, bakalan ditempatkan pada kandang karantina, diberikan tanda, serta diberikan pakan berupa rumput dan konsentrat. Bakalan juga diberikan obat cacing dan vitamin B kompleks.

Di hari ke-1 hingga ke-7, kandang sapi harus dibersihkan dari feses dan sisa pakan pada pagi dan sore hari. Pada hari ke-3 dan ke-6, sapi dimandikan satu per satu pada pukul 07:30–10:30. Di hari ke-5, sapi dipindahkan ke kandang penggemukan.

Minggu kedua

Pada pekan kedua, jumlah pakan yang diberikan bertambah. Keberadaan air minum harus terus dipantau jangan sampai kehabisan karena air berfungsi dalam proses metabolisme sapi. Setelah pemberian pakan, Anda harus memperhatikan kondisi sapi. Sapi yang kurang nafsu makan bisa menjadi indikasi sedang sakit. Pada hari ke-9 dan ke-12, sapi dimandikan.

Baca Juga:  Sejarah Panjang Penyakit Mulut dan Kuku yang Sempat Musnah di Indonesia

Minggu ketiga

Pada minggu ketiga jumlah pakan terus bertambah. Lakukan pengawasan terhadap kondisi sapi, terutama ketika sapi sedang makan. Pakan yang masih banyak tersisa bisa menjadi pertanda bahwa sapi sedang sakit.

Penjelasan perawatan rutin untuk minggu-minggu berikutnya secara detail bisa Anda simak di buku Penggemukan Sapi Potong Hari per Hari. Buku ini mengulas kegiatan harian yang perlu dilakukan mulai dari datangnya bakalan hingga sapi siap dipanen dalam kurun waktu 3 bulan. Oleh karena itu, cocok menjadi referensi Anda yang sedang mengembangkan usaha penggemukan sapi potong. Anda bisa mendapatkan buku tersebut dengan menghubungi WhatsApp Admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Penebar Swadaya.