Cara Mencegah Burung Kenari Stres

Pertanianku — Burung kenari yang mengalami stres perlu dikenali penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, tindakan perawatan yang dilakukan akan lebih tepat. Adapun penyebab dan cara mencegah burung kenari stres sebagai berikut. 

burung kenari stres
foto: Pixabay

Kesalahan saat membawa burung

Burung kenari harus dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan cara yang benar. Kesalahan dalam proses pemindahan dapat menyebabkan burung kenari saling mematuk. Hal tersebut bisa terjadi karena kemasan yang digunakan terlalu kecil dan dalam satu kemasan diisi lebih dari satu burung.

Kesalahan dapat diminimalisir dengan memberikan kenari obat antistres 2–3 hari sebelum dibawa pergi. Satu kemasan sebaiknya hanya untuk satu burung. Jangan menyatukan kenari jantan di dalam satu tempat yang sama. Kemasan burung kenari harus dijauhkan dari sumber panas seperti mesin mobil. 

Lokasi sangkar tidak tepat

Sangkar yang ditempatkan pada lokasi yang terlalu bising, terlalu berasap, adanya gangguan tikus pada malam hari dan kucing atau anjing pada siang hari, terlalu panas di siang hari, hawa sangat dingin, pergantian cuaca secara mendadak, dan tercium aroma bau bahan kimia yang menyengat menjadi faktor penyebab burung kenari stres.

Lokasi yang tepat untuk menempatkan sangkar kenari adalah tempat yang teduh dan tenang. Lokasi tersebut jauh dari gangguan lingkungan dan embusan angin kencang.

Sangkar kotor

Stres juga bisa dialami burung kenari yang tinggal di sangkar yang kotor. Sangkar yang jarang dibersihkan dan dijemur lebih mudah dihinggapi parasit seperti kutu bulu, gurem, dan sejenisnya. Parasit tersebut akan menyerang burung sehingga burung merasa tidak nyaman. Untuk itu, Anda harus membersihkan sangkar secara rutin setiap hari.

Burung yang berada di dekatnya

Baca Juga:  Perkembangan PMK Hewan Ternak di Indonesia Saat Ini

Gerakan ataupun suara burung lain yang fisiknya lebih besar dari kenari juga dapat menyebabkan burung stres. Sebaiknya, jangan memelihara burung berkicau dengan jenis yang lebih besar karena dapat membuat kenari ketakutan atau jarang berkicau.

Proses ganti bulu

Burung kenari pasti akan mengalami proses ganti bulu, tetapi proses ganti bulu yang berkepanjangan dan banyak gangguan dapat menyebabkan kenari stres. Untuk mencegah stres, Anda perlu memperlancar proses rontok bulu dan pertumbuhannya.