Informasi Keliru Soal Manfaat Bawang Putih


Pertanianku —  Selain sebagai bumbu dapur, manfaat bawang putih juga bisa menjadi obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun tahukah Anda bahwa sebagian besar manfaat bawang putih yang sudah kita ketahui sebenarnya hanya mitos atau belum ditemukan kebenarannya?

manfaat bawang putih
Foto: Dok. Pertanianku

Hal ini diungkapkan oleh situs WebMD.com. Berdasarkan apa yang ditulis situs tersebut, ada beberapa informasi salah mengenai manfaat bawang putih. Mau tahu apa saja informasi yang keliru tersebut? Simak uraian berikut.

Jika Anda menganggap bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi penyakit diabetes, tampaknya Anda harus membuang jauh pemahaman itu. Pasalnya, menurut situs tersebut, mengonsumsi bawang putih sama sekali tidak memberikan efek apa pun pada kadar gula dalam darah, baik untuk para penderita diabetes maupun mereka yang normal.

Selain itu, anggapan bahwa bawang putih juga bisa mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh juga belum sepenuhnya terbukti. Sudah banyak penelitian tentang manfaat bawang putih dalam menurunkan kolesterol dan membuktikan bahwa bawang putih tidak mempunyai efek apa pun dalam mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Ditambahkan juga, khasiat bawang dalam mengurangi risiko terkena penyakit kanker seperti kanker payudara dan kanker tenggorokan ternyata hanya mitos. Tidak ada penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut.

Terakhir, bagi Anda yang sering mengonsumsi bawang putih untuk menghindari kesemutan, tampaknya Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Alasannya, kesemutan disebabkan oleh buruknya sirkulasi darah dan mengonsumsi bawang sebanyak apa pun tidak akan memberikan efek.

Baca Juga:  Buah Parijoto Bisa Jadi Solusi Atasi Masalah Sulit Hamil